Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Bikin Ruang Gym di Rumah? Ini yang Harus Dipertimbangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan ruang gym di rumah adalah sebuah konsep yang mulai banyak diaplikasikan para penghuni rumah yang concern akan gaya hidup sehat.

Ruang gym di dalam rumah selalu menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang untuk bisa tetap bugar, tanpa perlu berbagi ruang dan peralatan gym dengan orang lain seperti di fasilitas klub kebugaran, terlebih kondisi pandemi Covid-19 membuat hal ini sangat meningkatkan risiko penularan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau menciptakan ruangan gym di dalam rumah menjadi sebuah resolusi tahun baru bagi orang-orang yang gemar dengan aktivitas yang menguras fisik dan stamina.

Dikutip dari dari AZ Daily Sun, Jumat (29/1/2021) , para ahli kebugaran mengatakan bahwa banyak orang makin tertarik dengan gym rumahan, sekitar bulan Januari tahun ini gym rumahan cenderung menjadi sangat populer.

Jika kamu adalah orang-orang yang tertarik untuk membuat ruang gym di dalam rumah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangunnya. 

1. Periksa komitmenmu

Pastikan ruang gym yang ada di dalam rumahmu adalah sesuatu yang benar-benar akan kamu gunakan. Ini berpotensi menghabiskan banyak waktu, uang dan ruang.

Langkah awal dalam perencanaan harus menghubungi pelatih kebugaran profesional. Panggilan video memungkinkanmu untuk mendiskusikan pilihanmu untuk ruang gym tanpa perlu bertatap muka.

Nasihat profesional penting karena dapat membantumu menguraikan tujuanmu, dan mengarahkan kamu ke peralatan yang paling efektif untuk tujuanmu dan merancang serangkaian latihan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

2. Menemukan ruang

Bagaimana jika kamu tidak memiliki ruangan lebih untuk dijadikan tempat gym?

Ruang bawah tanah dan garasi menjadi tempat yang bisa untuk olahraga dan menggoda, tetapi jika tidak dipanaskan atau ber-AC, bisa jadi terlalu dingin atau terlalu panas untuk berolahraga dengan nyaman, dan itu bisa membuatmu enggan berolahraga.

Sebaliknya, cari sudut ruangan tempat kamu bisa membuat ruang gym, entah itu halaman belakang rumah atau teras rumah sekali pun jika memungkinkan.

3. Pastikan ruangnya cukup

Pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk dijadikan tempat gym di rumah. Ini penting, karena kamu perlu meregangkan, menyebarkan, dan bekerja sangat keras untuk membakar kalori.


Kamu perlu memiliki ruang yang cukup, agar kamu dapat mengatur perlengkapan cardio rumah dengan nyaman di rumahmu.

4. Perhatikan lantai

Apapun jenis olahraga yang kamu sukai, banyak hal yang akan kamu lakukan, baik angkat beban, berjalan di treadmill, atau melakukan yoga.

Jadi, untuk membuat sebuah ruang gym, hal pertama yang penting dipikirkan untuk mendekorasinya adalah menemukan lantai yang bagus.

Lantai kayu adalah pilihan serba guna yang baik, tetapi beban berat pada peralatan gym dapat merusak lantai seiring waktu. Paling tidak, letakkan matras di bawah peralatan gym atau olahraga.

Lantai berlapis karet adalah opsi yang paling disukai karena menjadi daya tarik dan perawatannya yang mudah. Cari matras gym yang saling mengunci yang dapat kamu gunakan untuk menguraikan peralatan gym atau ruang gym.

Matras ini sangat bagus untuk hampir semua jenis latihan dan akan memberikan bantalan dan stabilitas tambahan pada kaki dan peralatan gym, sehingga memberi ruang gymmu memiliki tampilan dan nuansa tempat gym yang sebenarnya.


Kamu tentu tidak ingin meletakkan treadmill di ruangan gym hanya dengan karpet, karena serat karpet bisa masuk ke interior dan mengacaukan pekerjaan.

5. Pencahayaan

Jangan lupakan juga tentang pencahayaan. Ruang gym yang gelap tidak mendukung rutinitas maupun suasana hatimu dalam berolahraga.

Pastikan pengaturan pencahayaan bekerja dengan baik dengan pencahayaan alami atau penempatan TV yang kamu miliki.

Jika ada jendela di ruang yang akan dijadikan tempat gym, pertimbangkan untuk menambahkan cermin miring yang besar ke dinding seberang jendela.

Hal tersebut akan menggandakan cahaya dan membuat ruang gym milikmu terasa lebih besar dan lebih terbuka. Ini juga merupakan pilihan yang bagus jika kamu menumpang ruang lain jika tidak dapat membuat ruang gym sepenuhnya.

Namun, jika kamu ingin mengubah ruangan menjadi tempat gym, pertimbangkan untuk menambahkan cermin di salah satu dinding. Cermin akan membantumu tetap termotivasi dan melihat perubahan pada tubuhmu.

Di atas kepala, perlengkapan bergaya track-lighting akan mencerahkan ruang gym yang kamu punya di rumah dan membantumu melihat dengan baik.

6. Listrik

Beberapa peralatan gym ada yang membutuhkan daya listrik untuk bisa menghidupkannya, seperti treadmill dan sebagainya.

Kebanyakan treadmill membutuhkan daya listrik khusus yang tidak sedikit. Oleh karena itu perhatikan daya listrik yang kamu miliki untuk rumahmu, jangan sampai membuat mati listrik saat kamu sedang berolahraga di ruang gym.

7. Perawatan peralatan

Penting untuk melakukan perawatan pada peralatan gym apapun yang kamu beli, penting unlakukan perawatan rutin. Benda apa pun dengan bagian yang bergerak, baik mesin beban berbasis katrol atau treadmill, pada akhirnya akan aus.

Pelumasan dan pemeriksaan keausan dapat menambah umur peralatan gym milikmu selama bertahun-tahun. Garansi yang diperpanjang adalah ide yang bagus untuk peralatan fitness.


8. Biaya

Biaya pergi ke tempat gym memang akan menghabiskan banyak uang dan mahal. Oleh karena itu, berolahraga di rumah mungkin terlihat hemat biaya.

Namun sebenarnya ada banyak sekali faktor biaya yang terkait dengan gym rumahan. Peralatan gym, bola latihan, matras yoga, dan barang-barang lain yang dibutuhkan untuk gym di rumah sebenarnya cukup mahal.

Jadi, kamu harus menyiapkan anggaran yang tepat sebelum mempertimbangkan membuat ruang gym di rumahmu.

9. Perhatikan kebisingan

Mengaktifkan lagu favoritmu saat berolahraga membantumu melakukan olahraga dengan lebih baik.

Sebagian besar atlet dan pegiat gym memasang sound system bervolume tinggi untuk mendapatkan energi yang berlebih saat melakukan latihan.

Jadi, pastikan teman serumahmu tidak memiliki masalah jika kamu menyetel musik keras selama latihan. Kalau perlu, pasang peredam suara di setiap dinding ruang gym untuk meminimalisir kebisingan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/29/150007876/mau-bikin-ruang-gym-di-rumah-ini-yang-harus-dipertimbangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke