Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2021, 15:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Menata ruang tamu kecil merupakan sebuah tantangan tersendiri, karena jika tidak mempertimbangkan secara detail akan mengakibatkan ruangan semakin kecil dan sempit. Hal ini berkaitan dengan pemilihan warna cat, peletakkan furnitur, serta pemilihan sofa.

Dilansir dari Decortips, Rabu (27/1/2021), tantangannya adalah menemukan sofa yang sesuai dengan ruangan tersebut baik dari segi desain dan ukurannya.

Untuk ruang tamu dengan ukuran kecil, sofa dengan sandaran rendah dan kedalaman lebih dangkal bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan.

 

Baca juga: Simak, Tips Mengusir Kutu Busuk dari Sofa

Selain itu, menggunakan benda-benda dekoratif seperti bantal dengan motif yang senada dengan sofa bisa memberikan efek cerah dan luas pada ruangan.

Sofa Sebagai Pembatas Ruang

Saat ruang tamu dan ruang makan menjadi satu ruangan, menggunakan sofa sebagai pembatas ruangan merupakan salah satu alternatif. Ada berbagai jenis sofa yang dapat dipilih misalnya sofa berbentuk L untuk menghemat tempat.

Solusi lainnya adalah sofa panjang seperti chaise lounge. Untuk melengkapi jenis sofa tersebut dan memberi kesan lapang, Anda bisa memasang gorden tinggi atau menggunakan lampu lantai tinggi.

Sofa Bed

Solusi lain untuk ruangan yang terbatas, menggunakan sofa bed bisa menjadi pilihan, karena ini akan menghemat ruang serta lebih fungsional yakni bisa dijadikan sebuah tempat tidur.

Baca juga: Tips Membersihkan Sofa di Rumah

Sofa Bentuk L

Sofa bentuk L atau sofa sudut akan memberikan lebih banyak ruang, sehingga cocok diletakkan di ruang tamu terbatas. Sofa bentuk L dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan jenis bahan material. Pilihlah dimensi yang tidak terlalu tebal sehingga tidak memberikan kesan sempit pada ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com