Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Kompas.com - 12/01/2021, 17:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner atau penyedot debu adalah alat yang sangat memudahkan dalam kegiatan membersihkan ruangan dalam rumah.

Selain karpet, penyedot debu bisa digunakan untuk membersihkan sofa, dan lantai dari debu dan kotoran yang menempel. Berbagai penyedot debu memiliki fitur yang berbeda yang lebih memudahkan membersihkan ruangan.

Namun, seperti yang dilansir dari The Kitchn, Selasa (12/1/2021), ada beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan penyedot debu ini.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan dalam Penggunaan Vacuum Cleaner, Apa Saja?

1. Pecahan kaca

Hindari membersihkan pecahan kaca menggunakan penyedot debu karena akan merusak penyedot debu. Kaca dapat melubangi kantong serta dapat menyangkut di selang penyedot debu.

Lebih baik untuk membersihkan serpihan kaca menggunakan sapu atau menggunakan sepotong roti untuk mengambil potongan kaca kecil yang tersebar di area tersebut.

2. Makanan basah

Jangan mencoba menyedot tumpahan sup, percikan saus, atau apa pun yang basah seperti mi yang dimasak atau bubuk kopi. Sebab, akan menyebabkan kerusakan terhadap penyedot debu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya.

Baca juga: Vacuum Cleaner Genggam, Apa Bedanya dengan Vacuum Cleaner Biasa?

3. Tepung

Jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan tepung ke seluruh lantai, hindari membersihkannya menggunakan penyedot debu, karena bubuk dan debu halus dapat menyumbat penyedot debu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sapu dan pengki saat membersihkannya. Jika masih ada yang tertinggal gunakan handuk basah untuk mengepel sisanya.

4. Abu dan debu halus

Penyedot debu rumah tangga biasa tidak dirancang untuk menangani partikel sehalus abu perapian atau debu konstruksi. Abu atau debu halus bisa melapisi bagian dalam penyedot debu dan menyumbatnya, atau partikel halus itu bisa langsung terlempar kembali ke udara.

Untuk mengatasinya Anda bisa menyapunya saja atau jika tidak ingin menghirupnya, taburkan bubuk kopi bekas di atas debu lalu sapu dengan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com