Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Rumah Terlihat Mewah? Gunakan Beludru Sebagai Dekorasi

Kompas.com - 02/01/2021, 20:02 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bahan kain yang bisa dipadukan dengan dekorasi di rumah saat ini adalah beludru atau yang juga dikenal sebagai velvet.

Sama seperti sutra, beludru adalah material kain tenunan yang populer karena dapat memberi kesan mewah pada setiap ruangan di rumah.

Kamu mungkin pernah melihat sebuah beludru menghiasi lemari pakaian dan dekorasi rumah. Beludru adalah kain yang dikaitkan dengan kemewahan dan kekayaan sepanjang sejarahnya.

Baca juga: 8 Cara Mudah Bikin Rumah Terlihat Mewah

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (2/1/2021), beludru merupakan kain yang berasal dari Timur Tengah pada abad ke-8 dan baru tiba di Barat sampai sekitar abad ke-14.

Kamu mungkin merasa menarik untuk mengetahui bahwa saat berbicara tentang beludru, sebenarnya kita berbicara lebih banyak tentang cara tenunnya, dan bukan jenis kain yang tepat untuk digunakan.

Hasil akhir beludru dicapai dengan menenun dua ketebalan beludru secara bersamaan, menciptakan simpul benang di antara dua ketebalan tersebut.

Setelah selesai, kedua potongan itu dipotong di tengah, membiarkan ujung potongan terlihat di satu sisi kain. Begitulah cara beludru mendapatkan hasil akhir yang lembut dan berbulu.

Baca juga: 7 Cara Bikin Kamar Mandi Kecil Jadi Tampak Mewah

Cara menggunakan beludru sebagai dekorasi

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana menggunakan beludru dalam dekorasi, kamu akan menemukan banyak cara untuk memadukannya, berikut di antaranya.

Letakkan di sofa

Di awal tahun baru ini, kamu dapat memadukan beludru pada sofa. Salah satu yang harus kamu miliki di tahun baru ini adalah sofa warna-warni yang mampu cerahkan ruang tamu dan menjadi fokus utama palet warna dekorasi.

Sofa yang dipadupadankan oleh beludru akan menjadi sentuhan sempurna untuk melengkapi ruang keluargamu. Sebaiknya pilih sofa dengan bahan kain berwarna biru-hijau, biru cerulean, atau bahkan rose pink, agar semakin romantis.

Baca juga: Simak, Panduan Memilih Warna Sofa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com