Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Ikan Cupang Berwarna Hitam, Tak Kalah Cantik

Kompas.com - 18/12/2020, 06:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain warna-warna terang seperti biru, merah, kuning, dan berbagai warna mencolok lainnya, ternyata ikan cupang memiliki warna gelap seperti hitam. Pada ikan cupang liar, warna lain biasanya mengaburkan warna hitam.

Pigmen hitam tersebar di seluruh tubuh ikan cupang, kecuali di sirip ekor, dan bagian bawah ikan.

Dilansir dari Betta Source, Jumat (18/12/2020), ada beberapa bentuk cupang hitam yang ada, yaitu melano, lace, orchid, black devil, dan black ice.

Baca juga: 4 Manfaat Memberi Sekat pada Wadah Ikan Cupang

Black melano

Black melano merupakan ikan cupang berwarna hitam paling populer. Pada cupang melano, pigmen hitam didapatkan dari gen yang kuat.

Cupang melano memiliki penampilan yang sangat hitam pekat, sehingga terkadang mendekati biru kehitaman seperti sayap burung gagak.

Gen yang bermutasi menyebabkan konsentrasi warna hitam yang lebih besar bersifat resesif terhadap gen hitam biasa. Artinya, jika Anda menyilangkan cupang melano dengan cupang biasa yang tidak memiliki gen hitam, akan menghasilkan cupang berwarna-warni.

Ikan cupang betina melano tidak bisa berkembang biak, untuk itu penyebaran warna harus dilakukan dengan menggunakan ikan betina warna lain yang membawa gen melano. Ikan tersebut biasanya berwarna baja, hijau, atau biru royal.

Baca juga: Penyakit Busuk Sirip pada Ikan Cupang, Penyebab dan Gejalanya

Sayangnya, persilangan tersebut umumnya menimbulkan tingkat warna pada tubuh dan sirip cupang melano, dan itu dianggap sebagai kesalahan menurut standar International Betta Congress (IBC).

Perkawinan silang melano jantan dengan betina pembawa melano warna-warni (baja, biru, atau hijau) akan menghasilkan keturunan 50 persen warna-warni dan 50 persen hitam, yang membawa gen melano.

Dari jumlah tersebut, hanya 25 persen dari keturunan melano hitam yang cocok untuk dikawinkan, karena melano betina hitam tidak dapat menghasilkan benih yang layak.

Lace

Cupang lace memiliki warna gelap, kebanyakan cupang ini memiliki terlalu banyak warna pada sirip dan tubuhnya. Oleh sebab itu, cupang ini merupakan varietas cupang hitam kedua yang memiliki warna gelap setelah melano.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com