Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu China Wang Yi Akan ke Indonesia Pekan Ini

Kompas.com - 16/04/2024, 21:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan ke Indonesia, Kamboja, dan Papua Nugini pekan ini, kata Kementerian Luar Negeri China pada Selasa (16/4/2024).

Kunjungan Wang Yi akan dimulai pada Kamis (18/4/2024) dan berakhir pada 23 April, ujar Juru bicara Kemenlu China Lin Jian, dikutip dari kantor berita AFP.

Wang Yi akan memimpin sesi Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi China-Indonesia, kemudian memimpin dua pertemuan Komite Koordinasi Antarpemerintah China-Kamboja.

Baca juga: Menlu China Diskusi dengan Iran, Ini yang Dibahas

Dia akan mengakhiri turnya di Papua Nugini, negara yang pengaruh Amerika Serikat dan Australia-nya berusaha dihilangkan oleh China dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun populasinya kecil, Papua Nugini kaya akan sumber daya alam dan berada di persimpangan geostrategis yang penting dalam setiap perselisihan militer terkait Taiwan.

Baca juga:

Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto mengunjungi China pada awal April.

Presiden China Xi Jinping memuji hubungan kedua negara dan memaparkan visi untuk perdamaian regional.

Adapun China adalah salah satu sumber investasi asing langsung terbesar di Indonesia dan telah menggelontorkan miliaran dollar AS untuk proyek-proyek di republik ini.

Baca juga: Isi Pembicaraan Xi Jinping dengan Prabowo di Beijing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com