Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Xi Jinping, Prabowo: China Mitra RI Jaga Stabilitas di Kawasan

Kompas.com - 02/04/2024, 08:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Antara

BEIJING, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerjanya ke China untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (1/4/2024).

Saat bertemu dengan Presiden Xi Jinping, Prabowo menyatakan bahwa China adalah mitra kunci bagi Indonesia untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di kawasan.

Maka dari itu, Prabowo menegaskan agar hubungan yang sudah terjalin antara Indonesia dengan China dapat terus dijaga dan diperkuat lagi.

Baca juga: Isi Pembicaraan Xi Jinping dengan Prabowo di Beijing

"Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan," ujar Prabowo kepada Presiden Xi Jinping saat keduanya bertemu di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin (1/4/2024), dikutip dari Antara.

"Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antarmatra," imbuh Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo yang telah ditetapkan KPU RI sebagai calon presiden terpilih mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Presiden Xi Jinping.

Menhan Prabowo juga menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden China.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan yang hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," ungkap Prabowo.

Prabowo berharap, dari pertemuan tersebut ke depannya ada langkah nyata untuk menindaklanjuti rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan China.

Sementara Presiden Xi Jinping menyatakan pihaknya siap bersama Indonesia untuk berkontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan maupun di dunia.

Salah satu yang disoroti Xi Jinping ialah kerja sama Indonesia-China dalam menjaga keamanan maritim di Asia Tenggara.

China juga berkomitmen membantu negara-negara di Asia Tenggara, terutama yang tergabung di ASEAN untuk menghapus kemiskinan.

Baca juga: Usai dari China, Prabowo Akan Kunjungi Jepang, Apa Agendanya?

Bahkan China juga siap mendukung pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan untuk rakyat di negara-negara kawasan.

Pada Selasa (2/4/2024) hari ini, Prabowo juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri China Li Qiang dan Menteri Pertahanan China Laksamana Dong Jun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com