Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai dari China, Prabowo Akan Kunjungi Jepang, Apa Agendanya?

Kompas.com - 01/04/2024, 17:33 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

TOKYO, KOMPAS.com - Usai melakukan perjalanan dari China, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, dilaporkan akan mengunjungi Jepang.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi pada Senin (1/4/2024) mengabarkan, Prabowo, yang dinyatakan menang dalam Pilpres 2024, akan mengunjungi Jepang pada Selasa-Rabu (2-3/4/2024).

Selama berada di Jepang, disebutkan, Prabowo akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan para pejabat lainnya.

Baca juga: Kala China Jadi Negara Pertama yang Dikunjungi Prabowo Usai Menang Pilpres...

Hayashi menyampaikan, Jepang dan Indonesia adalah mitra strategis komprehensif yang berbagi prinsip-prinsip dan nilai-nilai fundamental.

"Kunjungan (Prabowo) itu diharapkan akan meningkatkan kerja sama bilateral yang erat di berbagai bidang," katanya dalam sebuah konferensi pers reguler, sebagaimana dilansir Reuters.

Kantor berita Jepang Jiji melaporkan, Prabowo juga berencana untuk bertemu dengan menteri pertahanan Jepang Minoru Kihara.

Sebelumnya, pada 2021, Prabowo dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menandatangani kesepakatan untuk memfasilitasi transfer peralatan pertahanan dalam pertemuan dengan Menhan dan Menlu Jepang.

Hal itu terjadi ketika Jepang berusaha memperluas kerja sama militer dan ekonomi dengan negara-negara Asia Tenggara untuk melawan China.

Jepang dan Indonesia sendiri pada Desember lalu telah mencapai kesepakatan lain untuk menghilangkan lebih banyak hambatan perdagangan.

Baca juga: Prabowo Tiba di China, Temui Xi Jinping Hari Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com