Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Akan Jadi Tuan Rumah KTT Perdamaian Perang Rusia-Ukraina pada Juni 2024

Kompas.com - 11/04/2024, 09:18 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BERN, KOMPAS.com - Pemerintah Swiss pada Rabu (10/4/2024) mengumumkan, akan menjadi tuan rumah konferensi perdamaian tingkat tinggi untuk perang Rusia-Ukraina pada pertengahan Juni 2024.

Konferensi ini dijadwalkan berlangsung di resor mewah Burgenstock, dekat pusat kota Lucerne, pada 15-16 Juni 2024 dan akan dipandu oleh Presiden Swiss Viola Amherd.

“Ini langkah pertama dalam proses menuju perdamaian abadi,” kata Amherd kepada wartawan di Bern, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Biden Akan Hadiri KTT Perdamaian Perang Rusia-Ukraina di Swiss

Rusia langsung mengecam rencana konferensi tersebut dan Amherd mengakui, "Kami tidak akan menandatangani rencana perdamaian pada konferensi ini," tetapi ia berharap akan ada konferensi kedua.

"Kami berharap dapat memulai prosesnya," ujar dia.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari 2022 dan memberikan tekanan baru pada pasukan Ukraina, mengecam KTT itu sebagai bagian dari skema Partai Demokrat pimpinan Presiden AS Joe Biden menjelang pemilihan presiden tahun ini.

Baca juga:

“Partai Demokrat Amerika, yang membutuhkan foto dan video peristiwa yang mengindikasikan proyek ‘Ukraina’ mereka masih berjalan, berada di balik hal ini,” tulis kantor berita TASS mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Adapun Swiss berharap Rusia bisa ikut serta dalam perundingan selanjutnya.

Pemerintah Swiss saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkunjung pada Januari 2024 mengatakan, mereka ingin menyelenggarakan konferensi perdamaian tahun ini.

Baca juga: Hari Ini Rusia Serang Ukraina Selatan, 3 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com