Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang Hezbollah di Suriah, Ini Tujuannya

Kompas.com - 10/04/2024, 07:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelompok Hezbollah Lebanon di Suriah diserang pasukan Israel. Tujuannya untuk menggagalkan kubu Hezbollah di Suriah.

Hal itu diungkapkan Israel pada Rabu (10/4/2024) pagi. Israel mengatakan bahwa pihaknya juga siap menghadapi Hezbollah dan telah meningkatkan serangannya termasuk di Suriah.

Pernyataan Angkatan Pertahanan Israel mengatakan bahwa tentaranya telah menyerang infrastruktur militer yang berdasarkan intelijen yang tepat digunakan oleh organisasi Hezbollah di front Suriah.

Baca juga: Serangan Udara Israel Bunuh Komandan Hezbollah di Lebanon

Militer Israel juga merilis video serangan terhadap sebuah gedung.

Tentara juga mengatakan bahwa mereka meminta pertanggungjawaban rezim Suriah atas semua aktivitas yang terjadi di wilayahnya dan tidak akan membiarkan upaya apa pun yang dapat mengarah pada penguatan Hezbollah di front Suriah.

"Secara paralel, dalam beberapa jam terakhir, IDF menyerang sejumlah pos pengamatan Hezbollah dan infrastruktur teroris di Lebanon selatan," terang pernyataan itu, dikutip dari AFP.

"Sepanjang hari, artileri IDF menyerang untuk menghilangkan ancaman di wilayah Dhayra dan Tayr Harfa di Lebanon selatan," imbuh pernyataan tersebut.

Pada hari Selasa, Israel mengatakan pesawat tempurnya telah menyerang posisi militer Suriah sebagai tanggapan terhadap tembakan roket dari Suriah selatan di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, mengatakan jet tempur Israel melancarkan serangan di Suriah pada Selasa dan Senin malam.

Salah satunya menghancurkan gudang senjata dan amunisi di wilayah Daraa di Suriah selatan.

"Sementara pada hari Senin serangan tersebut menghantam sebuah lokasi militer di selatan yang digunakan oleh kelompok yang didukung oleh Iran dan Hezbollah untuk menembakkan roket ke Dataran Tinggi Golan," kata observatorium tersebut.

Baca juga: Menlu Martin: Irlandia Siap Akui Negara Palestina

Dijelaskan, tentara Israel telah melancarkan ratusan serangan di Suriah sejak perang saudara di negara itu dimulai pada 2011, terutama mengenai sasaran-sasaran pro-Iran.

Pada 1 April, serangan Israel terhadap gedung konsulat kedutaan Iran di Damaskus menewaskan 16 orang termasuk tujuh anggota Garda Revolusi Iran. Israel belum mengomentari serangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com