Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Safari di Taman Nasional Zambia Ditabrak Gajah, Turis 80 Tahun Tewas

Kompas.com - 04/04/2024, 12:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Sky News

LUSAKA, KOMPAS.com – Kendaraan yang ditumpangi rombongan tur safari Taman Nasional Kafue, Zambia ditabrak seekor gajah. Akibatnya insiden tersebut, seorang turis asal Amerika berusia 80 tahun tewas.

Dikutip dari Sky News pada Rabu (3/4/2024), rombongan yang terdiri dari enam tamu dan seorang pemandu sedang bersafari dari Kamp Lufupa.

Saat sekitar pukul 09.30 waktu setempat pada hari Sabtu (30/3/2024), kendaraan mereka secara tidak terduga ditabrak oleh hewan tersebut.

Baca juga: Video Menegangkan Gajah Angkat Truk yang Dipenuhi Turis di Afrika Selatan

Seorang tamu wanita lainnya juga terluka karena insiden itu. Dari sebuah video yang merekam momen mengerikan tersebut, tampak gajah mengejar rombongan wisata tersebut.

Kendaraan rombongan sedang melaju melewati taman nasional dan terlihat seekor gajah mendekati mereka.

Kendaraan berhenti dan sesaat sebelum gajah tersebut menjatuhkannya, terdengar suara pemandu berteriak "hei, hei, hei, hei, hei, hei!".

Selian itu, orang-orang atau penumpang lain juga berteriak selama serangan gajah tersebut.

Tamu kedua yang mengalami luka dilarikan ke fasilitas kesehatan swasta, sedangkan empat tamu lainnya mendapat perawatan luka ringan.

Keith Vincent selaku CEO Wilderness menyampaikan ungkapan belasungkawa yang dalam kepada keluarga korban yang meninggal.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga tamu yang meninggal. Kami juga, merasa prihatin pada para tamu lain dan pemandu yang terlibat dalam insiden menyedihkan ini," ungkap dia.

Vincent menambahkan bahwa kendaraan tersebut berhenti karena kondisi medan dan vegetasi yang menghalangi jalan.

Baca juga: Tiga Gajah Nyasar Masuk ke Rumah Sakit, Berkeliaran Mondar-mandir di Koridor

"Sayangnya kondisi medan dan vegetasi yang sedemikian rupa itu menyebabkan rute pemandu menjadi terhalang dan dia tidak dapat memindahkan kendaraannya keluar dari bahaya dengan cepat," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com