Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Mau Jual Jet F-35 ke Turkiye, tapi Minta Singkirkan Rudal S-400 Rusia

Kompas.com - 20/02/2024, 22:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: Dorian Jones/VOA Indonesia

ANKARA, KOMPAS.com - Seiring dengan hubungan Turkiye dan AS yang meningkat pesat, Washington memberikan tawaran yang memungkinkan Ankara membeli jet militer F-35 yang canggih. Syaratnya adalah Turkiye harus mengalihkan rudal S-400 yang dibelinya dari Rusia ke negara ketiga.

Rudal S-400 adalah simbol kuat untuk upaya memperdalam hubungan Turkiye-Rusia.

Pembelian jet militer F-35 yang canggih oleh Turkiye dari Amerika Serikat bisa saja kembali dilakukan. Negara itu sebelumnya telah menghapus program pembelian jet tersebut, setelah membeli rudal anti-pesawat S-400 dari Rusia, yang disebut Washington akan membahayakan teknologi siluman dari F-35.

Baca juga: Kali Pertama, Australia Kerahkan 6 Jet Tempur F-35 ke Indonesia

Namun, dalam kunjungannya ke Istanbul bulan lalu, Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland mmberikan tawaran untuk menghidupkan kembali penjualan jet ini, jika rudal Rusia dialihkan ke negara ketiga.

Menteri Luar Negeri Turkiye Hakan Fidan mengindikasikan bahwa negara itu mungkin saja membuka kesepakatan terkait ini.

Sebuah F-16 dalam penerbangan selama pelatihan. Pemerintah AS menyetujui penjualan pesawat tempur F-16 ke Turkiye.AFP via VOA INDONESIA Sebuah F-16 dalam penerbangan selama pelatihan. Pemerintah AS menyetujui penjualan pesawat tempur F-16 ke Turkiye.
“Setelah pembelian rudal antipesawat itu, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan saya pikir beberapa orang dalam kabinet Erdogan juga mengakui, bahwa ini merupakan kesalahan yang besar. Pembelian rudal S-400 oleh Turkiye adalah langkah yang sangat mahal,” kata Onur Isci, pakar hubungan Rusia di Universitas Kadir Has, Istanbul.

Menurut para pengamat, pembelian rudal S-400 oleh Turkiye, adalah simbol yang kuat dari upaya memperdalam hubungan mereka dengan Rusia, dan memburuknya hubungan dengan AS.

Kesepakatan itu ditandatangani dalam era di mana ada rasa saling tidak percaya, ketika Turkiye menuduh AS terlibat dalam upaya kudeta yang gagal pada 2016. Sebuah tuduhan yang ditolak oleh AS.

Baca juga: 6 Jet Tempur Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi

Hubungan Turkiye dengan AS telah meningkat seiring dengan ratifikasi yang dilakukan Ankara atas permohonan Swedia untuk menjadi anggota NATO, dan Washington merespons persetujuan itu dengan membuka kemungkinan penjualan jet F-16 ke Turkiye.

Namun, F-16 berada di bawah kecanggihan F-35, yang merupakan jenis pesawat yang telah dibeli oleh saingan sekaligus tetangga Turkiye, yaitu Yunani, sebagai bagian dari upaya modernisasi militer negara itu.

“Ketika Anda membaca sikap elang Turkiye, mereka, dan semua orang, takut bahwa kekuatan angkatan udara di kawasan Aegean tidak seimbang, atau akan mengarah lebih kuat ke pihak Yunani,” ujar Soli Ozel, pengajar hubungan internasional di Universitas Kadir Has, Istanbul.

Meski begitu, para analis mengatakan, apakah Turkiye akan mengambil tawaran AS untuk pembelian F-35 dengan pertukaran untuk mengalihkan rudal buatan Rusia, dengan kemungkinan pengalihan ke sekutu Turkiye seperti Azerbaijan, Qatar, atau bahkan Libya, tergantung pada kemajuan peningkatan hubungan negara ini dengan AS.

“Turkiye bisa saja dengan mudah mengalihkan rudal S-400, itu adalah sebuah keputusan politik, itu bukan kepentingan militer, itu adalah keputusan politik dan kompromi politik. Sejauh ini, S-400 telah membantu Turkiye untuk meningkatkan kemampuan negosiasi dengan NATO dan AS,” kata Huseyin Bagci, Kepala Institut Kebijakan Luar Negeri, sebuah organisasi riset di Ankara.

Pembelian rudal buatan Rusia oleh Turkiye secara luas dilihat sebagai kemenangan diplomatik bagi Moskwa, yang memisahkan Turkiye dan sekutu NATO-nya. Pengalihan rudal ini, kata para analis, akan menjadi kemenangan serupa yang penting bagi AS.

Baca juga: 10 Jet Tempur Tercanggih 2022, Rafale Nomor 7

Artikel ini pernah dimuat di VOA Indonesia dengan judul Masa Depan Rudal S-400 Rusia di Tengah Tawaran Jet Stealth AS ke Turkiye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com