Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prioritas Ukraina pada 2024: Kuasai Langit, Penentu Akhir Perang Lawan Rusia

Kompas.com - 17/01/2024, 17:10 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DAVOS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Rabu (17/1/2024) mengatakan, prioritas negaranya tahun ini adalah menguasai keamanan langit.

“Pada 2024, tentu saja prioritasnya adalah menyingkirkan Rusia dari langit. Karena siapa pun yang menguasai langit akan menentukan kapan dan bagaimana perang berakhir,” kata Kuleba dalam pidato di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, dikutip dari kantor berita AFP.

Kyiv sejak lama meminta negara-negara Barat mengirimkan jet tempur canggih untuk mendukung pasukannya di selatan dan timur Ukraina.

Baca juga: Ukraina Klaim Jatuhkan Pesawat Mata-mata A-50, Rusia Cuma Punya 6

Perang Rusia-Ukraina menemui jalan buntu setahun belakangan. Serangan balasan Ukraina gagal menembus pertahanan pasukan Moskwa tahun lalu.

Kuleba kemudian meminta para pendukung utama Kyiv di Barat bersabar dan menegaskan bahwa dengan dukungan yang tepat Ukraina bisa menang.

“Kita sedang melawan musuh yang kuat, musuh sangat besar yang tidak pernah tidur. Ini butuh waktu,” ujar Kuleba.

“Kami mengalahkan mereka di darat pada 2022. Kami mengalahkan mereka di laut pada 2023 dan kami sepenuhnya fokus mengalahkan mereka di udara pada 2024,” lanjutnya saat diskusi panel di forum.

Baca juga:

Komentarnya mengulangi pernyataan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (16/1/2024) yang menyebutkan bahwa keunggulan di udara harus didapat untuk membuat kemajuan di lapangan.

Sejumlah negara anggota NATO saat ini sedang melatih pilot-pilot Ukraina menggunakan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat.

Denmark akan mengirim 19 unit F-16 pada kuartal kedua 2024.

AS sebelumnya tidak mengizinkan pengiriman jet tempur F-16 karena takut Rusia menganggapnya sebagai pihak yang berperang langsung di Ukraina.

Baca juga: Denmark Buktikan Komitmen Dukungan, Mulai Latih Pilot Ukraina Jet F-16

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com