Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa AS Bersekutu dengan Israel?

Kompas.com - 16/01/2024, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Mengapa AS bersekutu dengan Israel? Bagaimana awalnya?

Sejarah dimulai pada 1498. Saat itu presiden ke-33 Amerika Serikat Harry Truman menjadi pemimpin dunia pertama yang mengakui Israel sebagai negara.

Hal ini terjadi setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya pada 14 Mei 1948. Pengakuan AS menandai dukungan negara itu pada Israel, yang terbilang awet dan terjaga hingga hari ini.

Baca juga: Houthi Klaim Serangan Rudal ke Kapal Kargo AS di Lepas Pantai Yaman

Hubungan Diplomatik AS-Israel

Dikutip dari artikel Kompas.com (4/11/2023), hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Israel terbentuk ketika Duta Besar Amerika Serikat James Grover McDonald menunjukkan kredensialnya sejak 28 Maret 1949.

Hubungan Israel dan Amerika Serikat semakin menguat pada 1967, saat Amerika Serikat memberi dukungan kepada Israel yang sedang terlibat dalam Perang Enam Hari dengan negara-negara Arab di sekitarnya.

Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga memberikan dukungan kepada Israel pada 1973, ketika Perang Yom Kippur berlangsung.

Kala itu, Presiden AS Richard Nixon membantu Israel dengan cara mengangkut perangkat keras militer setelah Mesir dan Suriah.

Alasan AS Dukung Israel

Pada dasarnya, alasan Amerika Serikat mendukung Israel adalah karena mereka melihat Israel sebagai alat yang berguna untuk menahan pengaruh Uni Soviet di Timur Tengah, di antara negara-negara Arab selama Perang Dingin berlangsung.

Baca juga: Menhan AS Lloyd Austin Keluar dari RS Usai Dirawat karena Kanker

Setelah Perang Dingin berakhir pada 1991, Amerika Serikat menjadi semakin terlibat dalam perselisihan dan masalah yang terjadi antara Israel dengan negara lain.

Amerika Serikat melihat bahwa stabilitas di Timur Tengah menjadi kepentingan utama negara mereka. Hingga 2023, Amerika Serikat masih terus mendampingi Israel dan memberikan dukungannya.

Dalam konflik Hamas-Israel yang terjadi pada Oktober 2023, Presiden AS Joe Biden menegaskan terus mendukung Israel.

Biden menunjukkan dukungannya dengan datang ke Tel Aviv bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Turkiye Serang Pasukan PKK-YPG | Kapal Kargo AS Terkena Rudal di Yaman

Dalam pernyataan sesuai pertemuan, Biden menegaskan bahwa AS akan bersama Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com