Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Gempa Jepang, 92 Orang Tewas, 2 Lansia secara Ajaib Ditemukan Selamat

Kompas.com - 05/01/2024, 09:50 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,NHK

TOKYO, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas akibat gempa Jepang yang dahsyat meningkat menjadi 92 orang pada Jumat (5/1/2024). Jumlah orang hilang juga dilaporkan melonjak menjadi 242 orang.

Baru-baru ini dua perempuan lansia berhasil diselamatkan dari reruntuhan rumah mereka di Semenanjung Noto, namun harapan untuk dapat menemukan korban selamat lainnya kian memudar karena waktu.

Meski begitu, ribuan petugas penyelamat dari seluruh Jepang dilaporkan masih berjuang untuk mencari para korban dan menjangkau warga yang terisolasi setelah gempa pada Senin (1/1/2024).

Baca juga: UPDATE Gempa Jepang, 50 Orang Lebih Masih Hilang, Tsunami Makan Korban

Sebagaimana dikutip dari AFP, pada Kamis (4/1/2024) sore atau 72 jam setelah gempa, dua perempuan lansia secara ajaib berhasil ditarik hidup-hidup dari reruntuhan rumah mereka di Wajima.

Mereka berhasil diselamatkan salah satunya berkat kerja seekor anjing pelacak bernama Jennifer.

Kota pelabuhan Wajima di Semenanjung Noto adalah salah satu kota yang paling parah terkena dampaknya, dengan bau jelaga yang menyengat masih di udara dan gumpalan asap samar terlihat dari kebakaran besar yang menghancurkan ratusan bangunan pada hari pertama.

"Saya sedang bersantai di Hari Tahun Baru ketika gempa terjadi. Semua kerabat saya ada di sana dan kami bersenang-senang," kata Hiroyuki Hamatani (53) kepada AFP.

Ia berbicara di tengah mobil-mobil yang terbakar, reruntuhan bangunan, dan tiang telegraf yang tumbang.

Baca juga: Gempa Jepang, 33.000 Pengungsi Mulai Hadapi Masalah Air hingga Cuaca Dingin

“Rumah itu sendiri masih berdiri tapi sekarang sudah jauh dari layak huni... Saya tidak punya ruang dalam pikiran saya untuk memikirkan masa depan,” ucapnya.

Pemerintah Jepang mengatakan, kejadian gempa magnitudo 7,6 yang diikuti ratusan gempa susulan pada Senin telah melukai sedikitnya 330 orang.

Sementara, sekitar 30.000 rumah tangga tidak mendapat aliran listrik di wilayah Ishikawa, dan 89.800 rumah di sana serta di dua wilayah tetangga tidak memiliki air.

Ratusan orang dikatakan kini telah berada di tempat penampungan pemerintah.

Daerah Suzu juga hancur, perahu nelayan tenggelam atau terangkat seperti mainan ke pantai akibat gelombang tsunami yang juga dilaporkan menyapu satu orang.

Harian Asahi Shimbun melaporkan, Noriaki Yachi (79) menahan air mata setelah istrinya ditarik dari reruntuhan di sana dan dipastikan meninggal.

"Hidupku bersamanya sangat membahagiakan," kata Yachi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com