Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Jepang Tawarkan Layanan Bencana, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 01/01/2024, 17:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber NHK

TOKYO, KOMPAS.com - Empat operator telekomunikasi Jepang yakni NTT Docomo, KDDI, Softbank dan Rakuten Mobile telah mengoperasikan layanan pesan bencana.

Hal ini dilakukan agar seseorang dapat mengakses layanan ketika terjadi bencana. Terlebih pada gempa Jepang, Senin (1/1/2024) sore.

Dikutip dari lembaga penyiaran nasional Jepang, NHK, gempa terbesar dirasakan di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa pada pukul 16:10 waktu setempat (14.10 WIB) dengan kekuatan magnitudo 7,5.

Baca juga: Tsunami Setinggi 1,2 Meter Teramati di Ishikawa Jepang

Selang beberapa menit atau pukul 16.21 di kota tersebut teramati gelombang tsunami Jepang setinggi 1,2 meter.

Serta beberapa kota lain juga dilaporkan adanya tsunami meski tingginya tak sampai 1 meter.

Maka dari itu, operator telekomunikasi besar Jepang menawarkan penggunanya untuk mendaftar dan memeriksa apakah seseorang aman setelah gempa besar melanda Jepang.

Pengguna dapat memposting status keamanan mereka dalam pesan teks ke internet. Informasinya dapat dicek dari smartphone, ponsel lain, dan PC.

Sedangkan operator telepon NTT East dan NTT West juga menawarkan layanan panggilan pesan suara darurat bencana.

Pengguna harus menghubungi 171 dari telepon seluler atau konvensional. Pesan direkam ketika nomor teleponnya dimasukkan. Pesan dapat diputar ulang ketika menghubungi 171 dan memasukkan nomor telepon.

Kedua operator itu juga memulai layanan online yang memungkinkan pengguna merekam dan memeriksa pesan melalui internet. Situs webnya https://www.web171.jp.

Sementara pejabat kereta api mengatakan layanan Hokuriku Shinkansen telah ditangguhkan. Belum diketahui kapan layanan akan dilanjutkan.

East Japan Railway mengatakan layanan di jalur Joetsu Shinkansen ditangguhkan antara Echigo Yuzawa dan Niigata.

Selain itu, maskapai penerbangan domestik Jepang juga telah membatalkan layanan ke bandara dan dari bandara di daerah yang terkena dampak gempa berkekuatan magnitudo 7,5.

Baca juga: UPDATE Gempa Jepang: Dimulai Pukul 14.06 WIB hingga Kini Masih Terjadi

Pada pukul 18.00 waktu setempat, All Nippon Airways mengatakan telah membatalkan 15 penerbangan. Japan Airlines mengatakan pihaknya membatalkan sembilan penerbangan.

Maskapai penerbangan meminta masyarakat untuk memeriksa informasi penerbangan terbaru di situs maskapai masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com