Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Yahudi AS Gelar Demo di 8 Kota Besar, Tuntut Gencatan Senjata di Gaza

Kompas.com - 15/12/2023, 15:27 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Al Jazeera

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para pengunjuk rasa Yahudi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza telah mengadakan demonstrasi di delapan kota di Amerika Serikat (AS).

Mereka di antaranya memblokir lalu lintas pada jam sibuk di jalan-jalan dan jembatan-jembatan yang sibuk di Boston, Philadelphia, dan Washington DC.

Kelompok Jewish Voice for Peace pada Jumat (15/12/2023) mengatakan, sekitar 90 pengunjuk rasa telah memblokir jalan layang menuju New York Avenue di Washington DC.

Baca juga: Erdogan Telepon Biden, Katakan AS Punya Tanggung Jawab Pastikan Gencatan Senjata di Gaza

Sementara, lebih dari 30 pengunjuk rasa ditangkap di Philadelphia ketika sekitar 200 orang memblokir jalan raya I-76 dengan membawa papan dan spanduk bertuliskan "Biarkan Gaza Hidup" dan "Bukan atas nama kami".

Sedangkan di pusat Kota Boston, ratusan pengunjuk rasa para warga Yahudi AS memblokir sebuah persimpangan yang sibuk dan menghentikan kendaraan yang melintas di 15 jalur lalu lintas.

"Pada malam ke-8 Hanukkah, 8 kota, 8 jembatan," tulis Jewish Voice for Peace tentang protes tersebut di media sosial.

"Kami di sini, berkumpul di seluruh negeri dalam jumlah yang sangat besar dan terus bertambah, untuk mengatakan tidak lagi," kata kelompok beranggotakan aktivis Yahudi sayap kiri anti-Zionis di AS tersebut, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Duduki Patung Liberty, Warga Yahudi New York Tuntut Israel Akhiri Serangan di Gaza

Demonstrasi juga terjadi di Atlanta, Chicago, Minneapolis, Seattle, dan Portland, Oregon.

Di San Francisco, ratusan orang berkumpul di luar kantor pusat Google untuk menegur perusahaan teknologi tersebut karena telah menandatangani kesepakatan senilai 1,2 miliar dollar AS untuk kecerdasan buatan dengan pemerintah Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com