Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali dalam Sejarah, Narapidana AS Lulus Universitas Ternama

Kompas.com - 17/11/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Program Pendidikan Penjara Universitas Northwestern menyambut kelas kelulusan perdana mahasiswa yang dipenjara pada Rabu (15/11/2023).

Ini menandai pertama kalinya sebuah universitas terkemuka di Amerika Serikat memberikan gelar sarjana kepada mahasiswa di penjara.

Northwestern yang berbasis di Evanston, Illinois, yang menurut US News & World Report berada di peringkat kesembilan untuk universitas nasional, menjalankan program ini melalui kemitraan dengan Oakton College dan Departemen Pemasyarakatan Illinois.

Baca juga: Narapidana di Penjara Ekuador Sandera 57 Sipir dan Polisi

Ini adalah upacara wisuda yang mengharukan bagi 16 orang yang lulus dan orang-orang yang mereka cintai di fasilitas pemasyarakatan Stateville di Crest Hill.

"Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan hal ini, (ini) seperti di dunia lain. Dari tempat asal saya, hal-hal yang telah saya lalui dan berada di sini tak terlukiskan," kata seorang wisudawan, Michael Broadway, setelah upacara, dilansir dari Reuters.

Broadway berhasil meraih gelarnya meskipun sempat mengalami beberapa rintangan, termasuk berjuang melawan kanker prostat stadium 4.

"Saya sangat bangga padanya," kata ibunya, Elizabeth. "Sungguh. Dia terlihat sangat cantik dengan gaun itu." Karena kesehatannya yang buruk, dia belum pernah menonton Broadway sejak dia dipenjara pada tahun 2005, dan selama upacara, keduanya berbagi air mata dan pelukan saat mereka menebus waktu yang hilang."

Broadway, 51 tahun, dijadwalkan akan bebas pada tahun 2084.

Jika dia dibebaskan sebelum itu, dia mengatakan dia ingin memulai sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pemberdayaan pemuda.

Profesor Jennifer Lackey adalah direktur pendiri program ini.

Baca juga: Narapidana Rusia yang Ikut Berperang di Ukraina Dibebaskan, Diminta Tak Tergoda Membunuh

"Dua puluh tahun yang lalu, beberapa dari mereka berada dalam geng yang saling bersaing, dan di sini mereka saling bertukar puisi dan memberikan tanggapan kritis terhadap tugas sosiologi," kata Lackey. "Cinta dan pertumbuhan yang kami lihat di komunitas ini benar-benar tidak seperti yang pernah saya alami di perkuliahan di kampus."

Baca juga: Grup Wagner Terjunkan Wamil Narapidana Berperang, Komandan Bersembunyi dan Pantau Lewat Drone

Sekitar 100 mahasiswa terdaftar dalam program Northwestern di seluruh Stateville dan Pusat Pemasyarakatan Logan, sebuah penjara wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com