Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Akan Kremasi Jasad Li Keqiang pada Kamis

Kompas.com - 31/10/2023, 16:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - China akan mengkremasi jenazah mantan Perdana Menteri Li Keqiang pada Kamis (31/10/2023), di mana bendera-bendera akan dikibarkan setengah tiang di seluruh negeri sebagai tanda berkabung.

Dilansir dari Reuters, Li, seorang mantan ekonom dan pemimpin pro-reformasi yang menjabat sebagai perdana menteri selama 10 tahun sebelum pensiun pada Maret lalu, meninggal karena serangan jantung pekan lalu.

Jenazahnya dipindahkan ke Beijing dari Shanghai dengan penerbangan khusus pada hari itu.

Baca juga: Misi Luar Angkasa Selesai, 3 Astronot China Pulang ke Bumi dengan Selamat

"Dia dipuji sebagai negarawan yang sangat baik, seorang prajurit komunis yang telah teruji dan setia dan seorang revolusioner proletar yang luar biasa, negarawan dan pemimpin partai dan negara," demikian dilaporkan Xinhua.

Pada hari kremasi, bendera-bendera nasional akan dikibarkan setengah tiang untuk mengenang Li di Lapangan Tiananmen, Aula Besar Rakyat, kementerian luar negeri serta kantor-kantor pemerintah daerah di seluruh negeri, dan kantor-kantor perwakilan diplomatik.

Kematian Li adalah sebuah kehilangan besar bagi Partai Komunis dan negara.

Baca juga: China Berusaha Meredam Kesedihan Publik Atas Meninggalnya Li Keqiang

Namun Li, yang pernah dipandang sebagai penantang kepemimpinan Partai Komunis, dikesampingkan dalam beberapa tahun terakhir, kata para analis dan diplomat.

Ini karena Presiden Xi Jinping memperketat cengkeramannya dalam pembuatan kebijakan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com