Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Tokyo Dibiasakan Makan Siang di Panti Jompo Sebulan Sekali

Kompas.com - 04/10/2023, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

TOKYO, KOMPAS.com - Hampir setiap hari, para lansia yang tinggal di fasilitas perawatan yang bertempat di sebuah kondominium di Tokyo menyantap tiga kali makan sehari bersama.

Namun sebulan sekali, para lansia yang sebagian besar hidup mandiri dengan bantuan minimal di panti jompo yang dikelola Sompo Care ini menantikan kunjungan makan siang dari teman-teman yang tidak biasa, yaitu anak-anak dari lingkungan sekitar.

Makan siang di panti jompo ini diselenggarakan sebagai bagian dari konsep kantin anak, atau kodomo shokudo, yang diperkenalkan untuk membantu mengurangi angka kemiskinan anak di Jepang.

Baca juga: Kebakaran Panti Jompo Milan, 6 Tewas, 80 Terluka

Menurut lembaga pemikir yang berbasis di Paris, Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang dilansir dari CNA, tingkat kemiskinan anak di Jepang pada tahun 2017 mencapai 16,3 persen atau satu dari setiap enam anak, yang merupakan salah satu yang tertinggi di antara negara-negara industri.

Kodomo shokudo adalah inisiatif akar rumput yang biasanya dijalankan oleh para sukarelawan yang menyediakan makanan gratis atau murah untuk anak-anak.

Pertemuan diadakan di tempat-tempat seperti pusat komunitas, toko, dan kuil.

Program-programnya berbeda dari satu kodomo shokudo ke kodomo shokudo lainnya, dengan beberapa menawarkan anak-anak tempat untuk belajar atau bermain di samping makanan.

Bagi Sompo Care, menyatukan yang muda dan yang tua adalah solusi yang saling menguntungkan bagi kedua generasi

Para penghuni merasa senang menjadi tuan rumah bagi para tamu, sementara anak-anak diberi kesempatan untuk bertemu dengan mereka yang seumuran dengan kakek dan nenek mereka.

Baca juga: Tersangka Penembakan Siam Paragon Bangkok Diperiksa Kejiwaannya 

Sejauh ini, lebih dari 10.000 anak telah diundang ke acara kodomo shokudo yang diselenggarakan oleh perusahaan di panti jompo di seluruh Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com