Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Catur Hans Niemann: Tuntutan Batal, Masalah Berakhir Damai

Kompas.com - 29/08/2023, 12:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Perselisihan yang menimbulkan skandal di dunia catur elite tampaknya telah berakhir.

Ini setelah para pemain yang terlibat menyatakan bahwa mereka tak mempermasalahkannya lagi.

Sebelumnya, Hans Niemann, seorang bintang yang sedang naik daun di dunia catur, mengajukan gugatan 100 juta dollar AS terhadap Magnus Carlsen, situs web chess.com dan streamer catur Hikaru Nakamura setelah tuduhan bahwa Niemann telah berbuat curang.

Baca juga: Pecatur Pria Pakai Burka, Menyamar Jadi Perempuan demi Ikut Turnamen Catur Wanita

Dilansir dari Guardian, tuduhan tersebut bermula setelah Niemann mengalahkan Carlsen, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah, dalam pertandingan di Piala Sinquefield tahun lalu.

Pria Norwegia itu menyiratkan bahwa remaja tersebut telah berbuat curang.

Seminggu kemudian Carlsen menolak bermain dalam pertandingan online melawan remaja Amerika itu, dan malah memilih untuk mengundurkan diri.

Niemann telah mengakui melakukan kecurangan secara online ketika dia berusia 12 dan 16 tahun, namun menegaskan dia tidak pernah melakukannya secara berlebihan.

Dia juga berjanji untuk bermain terbuka untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah setelah klaim tidak berdasar bahwa dia mungkin menggunakan teknik kecurangan tertentu.

Chess.com, yang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia, menyimpulkan dalam laporan setebal 72 halaman yang dirilis Oktober lalu bahwa Niemann kemungkinan melakukan kecurangan dalam pertandingan online antara Juli 2015 dan Agustus 2020.

Niemann membantah tuduhan tersebut. Laporan tersebut tidak menemukan bukti apapun bahwa Niemann melakukan kecurangan dalam pertandingan tatap muka.

Baca juga: Grandmaster Catur AS Hans Niemann Ajukan Gugatan atas Tuduhan Kecurangan

Hakim AS menolak gugatan Niemann pada bulan Juni.

Pada Senin (28/8/2023), chess.com mengatakan pihak yang terkait masalah ini telah sepakat untuk melanjutkan tanpa ancaman tindakan hukum lebih lanjut.

“Kami dengan senang hati melaporkan bahwa kami telah mencapai kesepakatan dengan Hans Niemann untuk melupakan perbedaan dan bergerak maju bersama tanpa litigasi lebih lanjut,” kata situs web tersebut.

“Saat ini, Hans telah sepenuhnya kembali ke Chess .com, dan kami menantikan partisipasinya dalam acara kami. Kami juga ingin menegaskan kembali bahwa kami berpegang pada temuan dalam laporan publik bulan Oktober 2022 kami mengenai Hans, termasuk bahwa kami tidak menemukan bukti pasti bahwa dia melakukan kecurangan dalam permainan tatap muka."

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Skandal Catur Hans Niemann | Alasan Korut Tembakkan Rudal

"Kami semua menyukai catur dan menghargai semua penggemar setia dan anggota komunitas yang mengizinkan kami melakukan apa yang kami lakukan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com