Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bunuh Pemimpin ISIS di Suriah

Kompas.com - 09/07/2023, 23:59 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Serangan drone Amerika Serikat (AS) menewaskan pemimpin ISIS di Suriah bernama Osama Al Muhajer, kata Centcom atau Komando Pusat pada Minggu (9/7/2023).

Adapun serangan tersebut dilakukan pada Jumat (7/7/2023).

"Kami sudah memperjelas bahwa kami tetap berkomitmen mengalahkan ISIS di seluruh wilayah," kata kepala Jenderal Centcom Michael Kurilla, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Kelompok Bersenjata Terkait ISIS Serang Sekolah Uganda, 25 Orang Tewas

“ISIS tetap menjadi ancaman, tidak hanya di kawasan tetapi juga di luar,” tambahnya.

Menurut Centcom tidak ada warga sipil yang tewas dalam operasi itu, tetapi pasukan koalisi sedang menilai laporan tentang cedera warga sipil.

Centcom melanjutkan bahwa serangan dilakukan oleh MQ-9, drone yang berduel dengan pesawat Rusia dalam pertempuran hampir dua jam.

Pada Kamis (6/7/2023), sejumlah drone AS yang ikut operasi melawan ISIS di Suriah diganggu oleh pesawat militer Rusia untuk kali kedua dalam 24 jam.

 Baca juga: Pesawat Rusia Kembali Ganggu Drone AS di Atas Suriah

Letnan Jenderal Angkatan Udara Alexus Grynkewich mengatakan, pesawat itu menjatuhkan suar di depan drone dan terbang sangat dekat, membahayakan keselamatan semua obyek udara yang terlibat.

Rusia adalah sekutu utama rezim Presiden Bashar Al Assad di Suriah.

Dengan dukungan Rusia dan Iran, Assad merebut kembali sebagian besar wilayah yang lepas pada tahap awal konflik Suriah pada 2011.

Sementara itu, Amerika Serikat memiliki sekitar 1.000 tentara yang dikerahkan di Suriah sebagai bagian dari upaya internasional memerangi ISIS.

Baca juga: Momen Presiden Suriah Dipeluk Putra Mahkota Saudi, Akhiri Permusuhan Bertahun-tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com