Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolombia Beri Penghargaan Tinggi untuk Tim Penyelamat 4 Anak di Hutan Amazon

Kompas.com - 27/06/2023, 22:08 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BOGOTA, KOMPAS.com - Kolombia pada Senin (26/6/2023) memberikan salah satu penghargaan tertinggi kepada tim penyelamat yang menemukan empat anak korban pesawat jatuh di hutan Amazon.

Tim yang terdiri dari tentara, penyelamat pribumi, dan pegawai pemerintah ini diganjar medali Ordo Boyaca, penghargaan tertinggi kedua dalam angkatan bersenjata, dan penghargaan tertinggi untuk warga sipil.

Dalam upacara di Bogota, Presiden Kolombia Gustavo Petro memuji kerja sama militer dan masyarakat pribumi.

Baca juga: Begini Cara 4 Anak Selamat 40 Hari di Hutan Amazon Usai Kecelakaan Pesawat

"Lebih dari sekadar medali, yang bersifat simbolis... hadiah besar, penghargaan besar, adalah nyawa yang selamat," kata Petro, dikutip dari kantor berita AFP.

Pencarian empat anak ini menarik perhatian dunia setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Amazon pada 1 Mei.

Kakak-adik bernama Lesly (13), Soleiny (9), Tien Norie (5), dan Cristin (1) itu selamat dari kecelakaan. Mereka bertahan hidup di hutan lebih dari sebulan, dipandu oleh pengetahuan leluhur, lanjut Petro.

Keempat anak tersebut ditemukan selamat pada 9 Juni 2023.

Militer mengerahkan berbagai taktik seperti pengerahan helikopter, satelit, dan pengeras suara yang memutar rekaman nenek anak-anak itu saat mencarinya.

Warga pribumi yang bekerja sama dengan tim mengatakan, anak-anak itu terhubung dengan "ibu Pertiwi" berkat ayahuasca, minuman tradisional dengan sifat halusinogen.

Petro memuji kolaborasi tersebut karena "mengajarkan seluruh Kolombia bagaimana, dengan bersatu, kita dapat menemukan kehidupan."

Baca juga:

Penghargaan juga diberikan kepada anjing bernama Drugia--induk dari Wilson, anjing penyelamat militer yang turut menemukan anak-anak itu di hutan lebat, tetapi kemudian hilang.

Jenderal Pedro Sanchez yang memimpin operasi pencarian ini berujar, monumen akan didirikan untuk mengenang anjing berusia enam tahun itu.

Adapun anak-anak yang selamat di hutan Amazon tersebut sedang dalam pemulihan di rumah sakit militer Bogota.

Pemerintah Kolombia sedang menyiapkan film dokumenter tentang penyelamatan keempat anak itu dengan produser Inggris Simon Chinn.

Baca juga: Anjing Pelacak 4 Anak Hilang di Amazon Hilang, Jadi Target Penyelamatan Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com