Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Disebut Punya Kemampuan Terus Berperang hingga 2 Tahun Lagi

Kompas.com - 10/03/2023, 13:46 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

VILNIUS, KOMPAS.com - Kepala intelijen militer Lituania mengatakan Rusia memiliki sumber daya yang cukup untuk melanjutkan perang di Ukraina selama dua tahun lagi dengan intensitas saat ini.

Moskwa sendiri mengatakan telah meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina setahun yang lalu untuk memerangi ancaman keamanan.

Kyiv dan Barat menyebutnya perang tak beralasan untuk menaklukkan negara merdeka.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-379 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Ukraina Pasca-gempuran Rudal, PLTN Zaporizhzhia Hilang Daya

"Sumber daya yang dimiliki Rusia saat ini akan cukup untuk melanjutkan perang dengan intensitas saat ini selama dua tahun", kata kepala intelijen Lituania Elegijus Paulavicius, seperti dilansir dari Reuters.

"Berapa lama Rusia mampu berperang juga akan tergantung pada dukungan militer Rusia dari negara-negara seperti Iran dan Korea Utara," tambahnya.

Paulavicius memperkenalkan ikhtisar ancaman nasional oleh badan intelijen Lituania, yang juga mengeklaim peretas yang terkait dengan pemerintah Rusia dan China berulang kali mencoba membobol komputer pemerintah Lituania pada tahun 2022.

"Prioritas mereka tetap pada pengumpulan informasi jangka panjang yang berkesinambungan terkait dengan urusan dalam dan luar negeri Lituania," kata badan-badan itu.

Lituania telah menjadi salah satu pengkritik paling keras terhadap Rusia di Uni Eropa, dan menghadapi kemarahan China setelah mengizinkan Taiwan membuka kedutaan de facto pada tahun 2021.

Kantor utusan China di Vilnius tidak segera membalas permintaan komentar.

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan dalam aktivitas peretasan di luar negeri.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rudal Rusia Gempur Seluruh Ukraina | Sengketa Sultan Sulu Vs Malaysia

Badan intelijen Lituania mengatakan sanksi tidak membahayakan kemampuan Rusia untuk mendanai militernya karena mengalihkan sumber daya dari kesejahteraan publik kepada mereka.

Rusia menggunakan "rantai panjang perantara" untuk mendapatkan teknologi Barat yang disetujui.

Pasukannya juga diadaptasi untuk konfrontasi jangka panjang dengan Barat dan akan memprioritaskan upaya untuk membangun kembali kehadiran militernya di wilayah Laut Baltik, di mana ia akan tetap menjadi ancaman dan sumber ketidakstabilan.

Baca juga: NATO Prediksi Bakhmut Bisa Dikuasai Rusia dalam Hitungan Hari

“Ini akan sangat tergantung pada durasi dan hasil perang di Ukraina. Semakin lama dan semakin mahal perang, semakin banyak waktu yang dibutuhkan,” kata laporan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com