Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Uang Kertas Raja Charles III Akhirnya Dipublikasikan oleh Bank Sentral Inggris, Kapan Beredar?

Kompas.com - 20/12/2022, 21:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Bank Sentral Inggris mengungkap desain uang kertas yang menampilkan gambar Raja Charles III, yang rencananya akan mulai diedarkan pada pertengahan 2024.

Desain ini diumumkan untuk pertama kalinya menjelang penobatan Raja baru Inggris pada Mei.

Menurut Bank Sentral Inggris, potret Raja Charles III akan muncul pada empat seri polimer uang kertas yang saat ini beredar, yakni pada uang senilai 5, 10, 20 dan 50 poundsterling.

Baca juga: Raja Charles Tetap Undang Harry dan Meghan ke Upacara Penobatannya, Abaikan Kontroversial Film Dokumenter Mereka

Gambar raja akan muncul di bagian depan uang kertas, serta unsur keamanan tembus pandang (tanda air) pada uang kertas, yang terbuat dari plastik polimer.

Nantinya uang yang menampilkan Ratu Elizabeth II masih akan tetap menjadi alat pembayaran yang sah, sehingga memungkinkan publik untuk terus menggunakannya seperti biasa.

Threadneedle Street mengatakan rencana pengedaran uang baru Inggris ini dibuat sejalan dengan panduan dari rumah tangga kerajaan Inggris.

Pihak Istana meminta agar pengedaran uang baru ini harus meminimalkan dampak lingkungan dan keuangan dari perubahan tersebut.

Jadi, pencetakannya hanya dilakukan untuk menggantikan uang kertas yang sudah usang, dan untuk memenuhi peningkatan permintaan mata uang secara keseluruhan.

Ini berarti uang kertas yang menampilkan Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III akan “beredar bersama”, katanya sebagaimana dilansir Guardian pada Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Bikin Kartu Natal, Raja Charles III Pilih Foto yang Dijepret Sebelum Ratu Elizabeth II Meningggal

Raja Charles akan menjadi raja kedua dalam sejarah Inggris yang tampil di uang kertas.

Meskipun uang kertas telah diproduksi oleh Bank of England sejak akhir tahun 1600-an, potret raja yang berkuasa baru pertama kali ditampilkan pada 1960.

Saat itu, gambar Ratu Elizabeth II adalah yang pertama terdapat pada uang kertas 1 poundsterling.

Kondisinya berbeda dengan uang koin yang telah menampilkan potert raja selama berabad-abad.

Kepala Ratu juga ditampilkan pada beberapa uang kertas 20 dollar di Kanada, pada koin di Selandia Baru, dan di beberapa negara Persemakmuran lainnya.

Penggunaan mata uang fisik terus menurun dalam beberapa tahun terakhir di tengah maraknya pembayaran kartu dan nirsentuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com