Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Berencana Jadi Capres Lagi, Kembali Lawan Trump?

Kompas.com - 10/11/2022, 12:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

 WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Rabu (9/11/2022) bahwa ia bermaksud mencalonkan diri untuk pemilihan kembali dan kemungkinan akan membuat keputusan akhir pada awal tahun depan.

Ini disampaikan Biden setelah menyatakan hasil pemilihan paruh waktu baik untuk demokrasi.

Dilansir dari Reuters, pejabat Gedung Putih menyatakan rasa pembenaran bahwa rekan-rekan Demokrat Biden melakukan lebih baik dari yang diharapkan.

Baca juga: Biden Optimistis AS Akan Terhindar dari Resesi dengan Rencana Ekonomi Pemerintahnya

Biden, yang genap berusia 80 tahun bulan ini, menghadapi pertanyaan apakah dia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Seorang penasihat Biden mengatakan, diskusi persiapan untuk kampanye 2024 sedang berlangsung.

"Niat kami adalah mencalonkan diri lagi, itulah niat kami," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, dengan istrinya, Jill, duduk di dekatnya.

"Ini pada akhirnya adalah keputusan keluarga," tambahnya.

Baca juga: Presiden Korsel Akan Hadiri KTT G20, Temui Biden dan Kishida di Sela-sela

Biden mengatakan, keluarganya ingin dia mencalonkan diri dan dia tidak merasa terburu-buru untuk membuat keputusan akhir.

Dia mengatakan, dia akan melakukannya tidak terkait dengan pengumuman apa pun dari saingannya tahun 2020, mantan presiden Partai Republik Donald Trump, yang diperkirakan akan mencalonkan diri juga.

Biden telah menghabiskan dua tahun pertamanya di kantor untuk memperingatkan ancaman terhadap demokrasi setelah pendukung Trump menyerbu Gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021, dan tidak menerima kemenangan sah Biden.

Dia menggarisbawahi argumen itu di hari-hari terakhir pemilihan paruh waktu.

Baca juga: Obama dan Bill Clinton Termasuk Presiden AS Paling Cerdas, Trump dan Biden Bagaimana?

Ketika ditanya bagaimana para pemimpin dunia lainnya harus melihat momen ini untuk Amerika, dengan Trump berpotensi mencalonkan diri lagi, Biden mengatakan, jawabannya adalah memastikan Trump tidak pernah kembali.

"Kami hanya perlu menunjukkan bahwa dia tidak akan mengambil alih kekuasaan jika dia mencalonkan diri, memastikan dia di bawah upaya sah konstitusi kita tidak menjadi presiden berikutnya lagi," kata Biden.

Trump telah mengkritik kebijakan Biden dengan tajam dan mengatakan bahwa dia akan membuat pengumuman tentang rencananya minggu depan.

Baca juga: Trump Vs Biden Lagi di Pemilu Paruh Waktu AS

Tentang persaingan potensial antara Trump dan Gubernur Florida Ron DeSantis untuk nominasi Partai Republik, Biden mengatakan akan menyenangkan menyaksikan mereka saling berhadapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com