Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Clinton Keluar dari Rumah Sakit, Begini Kondisi Kesehatannya

Kompas.com - 18/10/2021, 08:28 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Bill Clinton akhirnya keluar dari rumah sakit California selatan, di mana dia dirawat karena infeksi urologis dan akan pulang ke New York untuk melanjutkan pemulihannya.

Mantan presiden Amerika Serikat itu meninggalkan University of California Irvine Medical Center sekitar jam 8 pagi pada Minggu (17/10/2021) dengan Hillary Clinton.

Baca juga: Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat di RS sejak 2 Hari Lalu

Bermasker dan mengenakan celana jins dan mantel, dia berjalan keluar dari rumah sakit perlahan dan berhenti untuk berjabat tangan dengan dokter dan perawat yang berbaris di trotoar.

Dia mengacungkan jempol ketika seorang reporter bertanya bagaimana perasaannya. Dia dan Hillary kemudian naik SUV hitam. Mereka berangkat dengan iring-iringan mobil yang dikawal oleh Patroli Jalan Raya California dan menuju ke bandara.

“Demam dan jumlah sel darah putih Bill Clinton menjadi normal, dan dia akan pulang ke New York untuk menyelesaikan antibiotiknya,” kata Dr Alpesh N Amin dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter oleh juru bicara Clinton melansir Al Jazeera.

Clinton, 75 tahun, dirawat pada Selasa (12/10/2021) di rumah sakit di tenggara Los Angeles dengan infeksi yang tidak terkait dengan Covid-19. Dia berencana melanjutkan pemulihannya di rumahnya di Chappaqua, New York, kata para pejabat.

Baca juga: Kondisi Mantan Presiden AS Bill Clinton Membaik, tapi Masih di RS

Presiden ke-42 AS ini berada di California untuk sebuah acara dari yayasannya, sebelum masuk rumah sakit.

Juru bicara Angel Urena mengatakan pada Sabtu (16/10/2021) bahwa Clinton akan tetap dirawat di rumah sakit satu malam lagi untuk menerima antibiotik intravena lebih lanjut. Tetapi semua indikator kesehatan menunjukkan "tren ke arah yang benar", kata Urena.

"Presiden Clinton terus membuat kemajuan luar biasa selama 24 jam terakhir," katanya.

Hillary bersama suaminya di rumah sakit dan ditemani di sana pada Sabtu (16/10/2021) oleh putrinya Chelsea.

Presiden Joe Biden mengatakan pada Jumat (15/10/2021) malam bahwa dia telah berbicara dengan Clinton, dan mantan presiden itu "dalam kondisi terbaik".

“Dia baik-baik saja, dia benar-benar baik-baik saja,” kata Biden saat memberikan sambutan di University of Connecticut.

Baca juga: Video Viral Mantan Presiden AS Bill Clinton Tidur Saat Pidato Biden

Seorang asisten mantan presiden mengatakan Clinton memiliki infeksi urologis yang menyebar ke aliran darahnya. Tetapi dia dalam pemulihan dan tidak pernah mengalami syok septik, kondisi yang berpotensi mengancam jiwa.

Asisten itu, yang berbicara kepada wartawan di rumah sakit dengan syarat namanya tidak digunakan, mengatakan Clinton berada di bagian perawatan intensif rumah sakit tetapi tidak menerima perawatan ICU.

Pada tahun-tahun sejak Clinton meninggalkan Gedung Putih pada 2001, mantan presiden menghadapi masalah kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com