Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Mantan Presiden AS Bill Clinton Membaik, tapi Masih di RS

Kompas.com - 16/10/2021, 07:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

IRVINE, KOMPAS.com - Kondisi mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton dilaporkan membaik pada Jumat (15/10/2021), tetapi akan menghabiskan satu malam lagi di rumah sakit.

"Semua indikator kesehatan mengarah ke arah yang benar, termasuk jumlah darah putihnya yang menurun secara signifikan. Untuk menerima antibiotik IV lebih lanjut, dia akan tetap di rumah sakit semalaman," kata juru bicara Bill Clinton, Angel Urena.

Bill Clinton, yang menjadi presiden Amerika Serikat selama 1993-2001, dirawat di UCI Medical Center, Irvine, selatan Los Angeles, sejak Selasa malam (12/10/2021).

Baca juga: Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat di RS sejak 2 Hari Lalu

Urena mengatakan, Bill Clinton (75) merespons pengobatan dengan baik untuk infeksi darah yang tidak terkait dengan Covid-19.

The New York Times, mengutip seorang ajudan, mengatakan bahwa Bill Clinton dirawat di rumah sakit setelah infeksi urologis berkembang menjadi sepsis.

Sepsis adalah reaksi tubuh ekstrem terhadap infeksi yang memengaruhi 1,7 juta orang di Amerika setiap tahun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sepsis merenggut 270.000 nyawa dari orang-orang yang terinfeksi setiap tahunnya.

"Infeksi yang menyebabkan sepsis paling sering dimulai di paru-paru, saluran kemih, kulit, atau saluran pencernaan," kata CDC di situsnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com