Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Pengalaman Vaksinasi Para Ekspatriat yang Tinggal di Saudi?

Kompas.com - 03/01/2021, 12:10 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Beberapa warga asing atau ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi menceritakan pengalaman mereka menerima suntikan vaksin Covid-19 di ibu kota Riyadh, Sabtu (2/1/2021).

Melansir Al Arabiya, proses vaksinasi di Arab Saudi berjalan lancar dari awal registrasi sampai proses vaksinasi kepada semua warga dari latar belakang negara manapun.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengonfirmasi 163 kasus infeksi Covid-19 pada Jumat (1/1/2021), menambah total infeksi keseluruhan menjadi 362.000 kasus di kerajaan itu.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Divaksinasi Covid-19

Dalam waktu 24 jam terakhir, sebanyak 189 pasien Covid-19 dilaporkan pulih, menambah total kesembuhan pasien menjadi 353.004 orang.

Salah satu warga dari India mengatakan bahwa dia mulanya merasa takut divaksin namun kemudian dia mau setelah melihat banyak orang tampak senang disuntik. 

"Pemerintah Saudi, Kementerian Kesehatan Saudi telah memberi saya kesempatan untuk vaksinasi. Saya sangat berterima kasih kepada mereka."

Baca juga: 240 Warga Israel Terinfeksi Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin Pfizer

"Saya sangat terkesan dengan pengorganisasiannya secara keseluruhan. Biasanya vaksinasi akan memakan prosedur panjang. Namun nyatanya, saya lihat semuanya terorganisir dengan baik, ketika sampai di tempat parkir, saya diberitahu akan ke mana, dan cara mereka menghormati tiap warga negara," ungkap seorang warga dikutip Al Arabiya.

"Tidak sulit bagi saya untuk menemukan tempat dan banyak perawat dan petugas yang akan membantu Anda. Jadi, ini sangat sistematis. Fasilitasnya sangat bersih dan mereka akan memberi Anda layanan yang sangat baik, jadi tidak perlu khawatir soal vaksin ini," ujar seorang warga dari Filipina. 

Baca juga: Turki dan Jerman Pertimbangkan Produksi Vaksin Covid-19 Bersama

“Saya pikir itu luar biasa, sangat efisien, dan sangat mudah mulai dari pendaftaran sampai divaksin," kata salah satu pasangan warga asing kepada Al Arabiya.

Menteri Dalam Negeri Saudi dan anggota Dewan Menteri Arab Saudi, Ibrahim Al Assaf, juga menerima vaksin Covid-19 pada Sabtu, menurut kantor berita pemerintah Saudi Press Agency (SPA).

Baca juga: Pekerja Medis di AS Dipecat Setelah Rusak 500 Dosis Vaksin Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com