Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pilpres AS, Selisih Joe Biden atas Trump Melebar Jadi 7 Juta Lebih Suara

Kompas.com - 05/12/2020, 14:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Selisih suara dalam pilpres AS (pemilihan presiden Amerika Serikat) antara Joe Biden dengan Donald Trump melebar menjadi lebih dari 7 juta suara pada Kamis (3/12/2020).

Sebulan usai pemilu AS yang digelar pada 3 November, hasil hitung terbaru di New York membuat suara yang diraup Biden melesat jadi 81.264.673, unggul telak dibandingkan Trump dengan 74.210.828.

Total suara di pilpres Amerika Serikat sejauh yang telah dihitung sejauh ini adalah 158,4 juta, menurut data dari Cook Political Report yang dikutip Kompas.com dari AFP.

Baca juga: Jaksa Agung AS: Tidak Ada Bukti Kecurangan Sistemik di Pilpres AS

Di pemilu Amerika Serikat tahun ini Biden telah mengantongi 306 suara elektoral, untuk mencapai syarat suara elektoral minimal melenggang ke Gedung Putih yaitu 270.

Sementara itu Trump terus bersikeras Demokrat melakukan penipuan besar-besaran dalam pilpres Amerika Serikat 2020, dan dialah yang sebenarnya memenanginya.

Akan tetapi Trump tidak melengkapi klaim serta tuduhan itu dengan bukti konkret.

Baca juga: Biasanya Ramai, Trump Tiba-tiba Hilang Usai Pilpres AS, ke Mana Dia?

Gugatan di pengadilan yang diajukannya juga berulang kali kalah, dan Biden yang hampir secara universal diakui sebagai presiden terpilih, akan dinobatkan sebagai pemenang resmi pemilu Amerika Serikat 2020 oleh Dewan Elektoral pada 14 Desember.

Joe Biden kemudian akan dilantik menjadi presiden ke-46 AS dan menempati Gedung Putih pada 20 Januari, mengakhiri proses dari pilpres AS 2020.

Baca juga: Akankah Donald Trump Akhiri Tradisi Akui Kekalahan Pilpres AS?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com