Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres AS Tak Tahu Apakah Trump Sudah Dites untuk Virus Corona

Kompas.com - 10/03/2020, 09:04 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP,France24

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS, Mike Pence, mengaku tidak tahu apakah Presiden Donald Trump sudah dites virus corona.

Pernyataan Pence itu keluar setelah dua politisi AS yang sempat bersinggungan dengan sang presiden, diketahui pernah terlibat kontak dengan orang yang terpapar.

Politisi pertama adalah Doug Collins, anggota House of Representatives (DPR AS) yang berasal dari Georgia. Dia disebut bertemu Trump pekan lalu.

Baca juga: Redam Dampak Corona, Trump Bakal Pangkas Pajak Penghasilan hingga Beri Insentif Industri

Dilansir AFP via France24 Selasa (10/3/2020), Collins berjabat tangan dengan presiden 73 tahun itu saat bertemu di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Kemudian politisi kedua adalah anggota DPR AS asal Florida, Matt Gaetz, yang berada dalam satu pesawat dengan sang presiden di Air Force One.

Keduanya disebut terpapar oleh penderita virus corona ketika hadir dalam konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC), 11 hari lalu.

"Saya sejujurnya tidak tahu jawaban dari pertanyaan ini (Trump dites untuk virus corona)," jelas Pence dalam konferensi pers.

Wapres AS berusia 60 tahun itu melanjutkan, dia akan segera memberitahukan jawabannya setelah berkonsultasi dengan dokter Gedung Putih.

"Saya sendiri belum dites (untuk virus corona)," jelas Pence ketika awak media kembali melontarkan pertanyaan yang sama kepadanya.

Baca juga: AS Lambat Tangani Virus Corona, Trump Salahkan Obama

Baik Collins dan Gaetz tidak mengalami gejala dari virus bernama resmi SARS-Cov-2 tersebut. Keduanya mengumumkan untuk menjalani karantina secara mandiri.

"Beliau (Gaetz) sudah menjalani pemeriksaan, dengan hasilnya diharapkan bakal segera keluar," demikian keterangan juru bicaranya di Twitter.

Selain Gaetz dan Collins, setidaknya terdapat tiga wakil rakyat AS lain yang melakukan kontak dengan penderita SARS-Cov-2.

Tiga lainnya adalah Senator Ted Cruz, anggota DPR AS Paul Gosar, di mana keduanya dilaporkan ikut hadir dalam CPAC, dan politisi dari Demokrat, Julia Brownley.

Trump memuji pemerintahannya yang dia sebut sudah menangani dengan baik kasus penyebaran virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, tersebut.

"AS mempunyai ekonomi yang kukuh. Meski begitu, virus ini sudah membutakan dunia. Saya pikir kami telah menanganinya dengan baik," katanya.

Hingga saat ini, Washington telah melaporkan 605 kasus infeksi virus corona, di mana 22 orang meninggal, dan delapan lainnya berhasil sembuh.

Baca juga: Berjuang Lawan Virus Corona, Seluruh Italia Bakal Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com