Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memotong Sushi Roll agar Tidak Berantakan Menurut Koki

Kompas.com - 24/02/2024, 12:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sushi roll atau sushi gulung termasuk makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi berisi sayur dan ikan, lalu digulung bersama rumput laut.

Pada dasarnya, orang Jepang membuat isian sushi roll menggunakan bahan mentah yang masih segar. Namun, belakangan ada juga yang menggunakan isian yang sudah matang sebagai penggantinya.

Sushi Chef di Hungry Duke's, Ahmad Sugiyanto mengatakan, proses pembuatan sushi orisinal Jepang harus dilakukan secara cepat. Mengingat ikan mentah yang ada di dalam sushi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruang.

Baca juga:

"Apalagi di Indonesia, suhunya agak panas, jadi ikan mentah tidak boleh terlalu lama di luar ruangan, kita harus menggulung sushi secepat mungkin, dan segera disantap oleh tamu," kata Yanto saat ditemui di Hungry Duke's Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/2/2024).

Usai sushi roll digulung, lanjut dipotong dan disajikan kepada konsumen. Saat memotong sushi, tidak jarang pula nasi sushi lengket di pisau dan membuat hasil potongan tampak tidak rapi.

Yanto pun membagikan tips memotong sushi roll supaya tidak lengket.

Baca juga:

Cara potong sushi roll supaya tidak lengket 

Ilustrasi california sushi roll.DOK.SHUTTERSTOCK/Alik Mulikov Ilustrasi california sushi roll.

Menurut Yanto, sebelum memotong sushi roll, penting untuk menyiapkan lap basah yang bersih dan pastikan tangan dalam keadaan lembap.

"Tangan kita jangan terlalu basah, tetapi lembap, makanya siapkan lap basah untuk melembabkan tangan," katanya.

Setelah itu, potong sushi menggunakan pisau yang tajam. Apabila ada nasi sushi yang menempel di pisau usai memotong, bersihkan pisau menggunakan lap basah sebelum lanjut memotong sushi.

"Tidak pakai minyak (pada pisau), tapi pakai air. Airnya jangan terlalu banyak karena rumput laut yang terkena air terllau banyak akan hancur, dan saat digulung akan pecah," pungkasnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com