Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Cake Cokelat ala Toko Roti yang Cantik dan Rapi

Kompas.com - 02/12/2023, 11:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Cake cokelat banyak dijual di toko roti Mall atau pinggir jalan. Kue cokelat bisa dibuat dengan metode yang berbagai macam untuk menghasilkan tektur yang diinginkan.

Dilansir dari majalah "Sedap / ED 10 2016" terbitan Gramedia, ada beberapa tips membuat cake cokelat yang rapi dan juga cantik. Ketahui sebelum membuatnya.

Baca juga:

1. Jenis kue

Dari majalah tersebut menyebutkan kalau kamu bisa menggunakan beberapa metode membuat cake cokelat. Tiap jenis kue memiliki tekstur yang berbeda-beda.

  • Tektur padat: Jika kamu ingin membuat kue atau bolu cokelat dengan tekstur yang padat, gunakan metode membuat butter type cake dan sponge cake.
  • Tekstur lembut: Gunakan metode membuat sponge cake yang lembut dan mengembang tinggi.
  • Tekstur sangat lembut dan lentur: Kalau kamu ingin membuat cake cokelat dengan tekstur yang lembut dan juga lentur, gunakan metode membuat chiffon cake atau bolu hongkong.
  • Tekstur lembut sekali: Cotton cake bisa kamu jadikan dasar membuat cake cokelat buatanmu.

2. Jenis cokelat

Setelah mengetahui metode membuat cake cokelat dari berbagai jenisnya, saatnya mengenal jenis cokelat yang bisa digunakan.

  • Cokelat bubuk: Di pasar atau supermarket, ada berbagai macam merek cokelat bubuk. Gunakan cokelat bubuk yang paling pas dan rasanya pekat.
  • Cooking chocolate: Rasa cokelat tidak sepahit cokelat bubuk tetapi cocok untuk memaksimalkan rasa dan aroma pada cake.
  • Cokelat pasta: Cokelat pasta bisa digunakan untuk memberikan warna cokelat pada kue.

Tiga jenis cokelat tersebut bisa digunakan sesuai selera. Namun, pastikan untuk mengikuti jumlah takaran yang tepat.

Selain itu, jika ingin menambahkan takaran pada cokelat bubuk, kurangi takaran tepung terigu agar cake tidak keras.

Ilustrasi adonan cupcake cokelat dituang ke loyang. Siap untuk dipanggang.SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO Ilustrasi adonan cupcake cokelat dituang ke loyang. Siap untuk dipanggang.

3. Gunakan bahan penetral

Penambahan cokelat ke dalam adonan cake bisa membuat pH adonan lebih asam. Oleh karena itu dibutuhkan bahan penetral seperti soda kue atua baking powder.

4. Bahan tambahan cake cokelat

Kamu bisa menambahkan bahan pengembangan resep cake cokelat. Seperti kacang, permen cokelat, buah-buahan, buah kering, gula merah, gula palem, dan filling.

Majalah "Sedap / ED 10 2016" terbitan Gramedia bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com