Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Whipped Cream Pakai Susu, Bikin Mudah di Rumah

Kompas.com - 17/10/2023, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin baking untuk membuat kue ultah atau ulang tahun orang tersayang? Salah satu bahan yang biasanya disiapkan ada whipped cream.

Namun apa jadinya, jika bahan untuk dekorasi cake atau bolu ini habis di rumah. Tenang saja, dilansir dari laman Healthline dan Food and Wine, ada cara membuat whipped cream rumahan dengan bahan utama susu.

Baca juga:

1. Gunakan susu murni

Dalam laman Healthline menyebutkan kalau susu murni menganduk sekitar 3,2 persen lemak sementara heavy cream yang mana bisa digunakan sebagai pengganti whipped cream, memiliki sekitar 36 persen lemak.

Kandungan lemak yang tinggi pada heavy cream memang bisa menggantikan whipped cream dari segi tekstur dan stabilitasnya.

2. Siapkan tiga bahan ini

Walau heavy cream yang punya tekstur mirip dengan whipped cream untuk dekorasi cake atau roti, tetapi kamu juga bisa menggunakan susu murni di rumah.

Masih dalam laman yang sama, gunakan susu murni dalam keadaan dingin. Setelah itu, siapkan dan gunakan juga gelatin untuk mengentalkan dan menstabilkan tekstur agar mirip dengan whipped cream.

3. Takaran bahan yang disarankan

Kamu bisa menggunakan sekitar 300 ml susu murni dalam keadaan dingin, 2 sendok teh gelatin tanpa rasa, dan 2 sendok makan gula halus.

4. Cara membuat whipped cream dari susu

Masukkan susu dan gelatin ke dalam mangkuk kemudian masukkan ke dalam microwave selama 15-30 detik. Aduk dan biarkan hingga dingin.

Kocok gula hingga larut dan masukkan ke dalam mangkuk. Dinginkan selama 20 menit. Siapkan mikser listrik dengan kecapatan sedang, aduk hingga semua bahan tercampur dan memunculkan buih.

Ditambahkan dari laman Food and WIne, kamu juga bisa mengocok ssusu dengan food processor selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya, kamu akan mendapatkan buih yang cocok untuk topping secangkir cokelat panas.

5. Cara simpan whipped cream

Kamu bisa menggunakannya langsung atau simpan dalam lemari es selama dua hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com