Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McDonald's Indonesia Ubah Standar Burgernya, Jadi Seperti Apa? 

Kompas.com - 27/09/2023, 09:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - McDonald’s Indonesia memperkenalkan Best Burger,  inisiatif meningkatkan standar kualitas produk dan kepuasan pelanggan, seiring dengan perubahan standar burger dari McDonald's global. 

"Hasil riset McDonald’s global menemukan bahwa dengan mengubah beberapa hal dalam proses dan cara memanggang, kami dapat menghasilkan burger yang hotter (lebih panas), juicier (lebih berjus), dan tastier (lebih enak),” ujar Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, Caroline Kurniadjaja, saat acara jumpa pers, Selasa (26/9/2023). 

Baca juga: Mencicipi Big Mac Standar Baru dari McDonalds, Jadi Lebih Enak?

Assistant Manager of Quality Assurance McDonald’s Indonesia, Setyo Agus Widodo menjelaskan perubahan standar burger McDonald's Indonesia menjadi Best Burger ini berjalan panjang, dilakukan tepatnya sejak tiga tahun lalu. 

"Kami mulai dari standar baru yang diberikan oleh global, kemudian target sampel, undang mitra pemasok (supplier) lokal, perancangan (development), dan persetujuan dari global," kata Setyo. 

Baca juga:

McDonald's Indonesia yang memiliki lebih dari 290 gerai,  melatih 1.500 staf restoran yang sudah ada untuk membuat burger dan memberi sertifikat sehingga bisa disebut Burger Master di gerainya. 

Proses tersebut disebutkan mengubah hal-hal kecil dalam proses dan bahan burger di McDonald's Indonesia, yang menghasilkan dampak besar. 

Ada tiga perubahan utama yang dapat dirasakan saat menikmati Best Burger, yaitu pada roti (burger bun), daging (beef patty), dan bahan-bahan pelengkapnya.

McDonald’s Indonesia kini menggunakan formulasi yang berbeda di setiap menu burgernya.

Burger Master di McDonald's Indonesia memperkenalkan standar burger baru Best Burger. Dok. McDonald's Indonesia Burger Master di McDonald's Indonesia memperkenalkan standar burger baru Best Burger.

Roti dari menu favorit Big Mac kini memiliki bahan tambahan tepung pati kentang, rasa mentega dan roti brioche (butter & brioche flavor) yang membuat tekstur roti lebih empuk sekaligus penyeimbang rasa daging yang gurih dan saus yang berlimpah. 

Sementara itu, roti Cheeseburger, Double Cheeseburger, dan Triple Cheeseburger kini ditambahkan bahan khusus untuk meningkatkan tekstur kelembutan rotinya.

Proses pemanggangan dimodifikasi untuk mendapatkan tekstur daging yang lebih lembut serta juicy dengan mempertimbangkan faktor keamanan pangan sebagai prioritas.

Baca juga: Resep Egg McMuffin dan Hash Brown ala McDonalds, Yuk Cobain

Perubahan lainnya terdapat pada cacahan bawang bombai yang langsung ditaburkan saat memanggang daging. 

Durasi penyimpanan daging (holding time) daging yang sudah dimasak pun berubah dari 15 menit ke 10 menit untuk memastikan produk disajikan dalam keadaan juicy dan hangat. 

Pelanggan juga dapat menikmati keju yang lebih meleleh dilengkapi dengan sayuran segar. 

Associate Director of Training McDonald’s Indonesia, Olia M Sidik menyebutkan perubahan standar pada burger ini hanya menambah dua detik pada durasi masak. 

Sementara, harga jual burger di McDonald's Indonesia masih sama atau tidak ada perubahan. 

Burger dengan standar Best Burger sudah dapat dinikmati di seluruh gerai McDonald's Indonesia, meskipun McDonald's Indonesia akan resmi meluncurkan kampanye ini pada 1 Oktober 2023. 

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com