Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan yang Baik untuk Pencernaan, Seperti Sayuran Hijau

Kompas.com - 03/08/2023, 07:05 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan, sebab bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah pada tubuh.

Masalah sistem pencernaan seperti kembung, sembelit, diare, mual, gas, dan sakit perut sering terjadi karena mengonsumsi makanan tertentu atau kekurangan serat dan probiotik.

Jika memiliki masalah pencernaan mengonsumsi beberapa makanan seperti sayuran hijau, gandum, buah apel, dapat membantu meredakan gejalanya.

Simak makanan yang baik untuk pencernaan seperti sayuran hijau, dikutip dari laman Healthline dan Medical News Today, berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Yoghurt 

Yoghurt dibuat dari susu yang difermentasi, memiliki bakteri asam laktat.

Bakteri ramah dikenal dengan probiotik, yaitu bakteri yang hidup pada saluran pencernaan dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Pastikan membeli yoghurt mengandung probiotik karena tidak semua yoghurt terdapat kandungan tersebut.

2. Apel

Buah apel adalah sumber yang kaya pektin, yaitu serat larut. Pektin melewati pencernaan di usus kecil kemudian dipecah oleh bakteri ramah di usus besar.

Buah apel bisa kamu makan saat sembelit dan diare, dapat mengurangi infeksi usus serta peradangan pada usus besar.

3. Adas

Adas sering digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata adas memiliki kandungan serat yang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kereraturan dalam saluran pencernaan.

Selain itu adas mengandung agen antispasmodik yang melemaskan otot polos di saluran pencernaan. Mengurangi gejala seperti kembung.

4. Jahe

Jahe merupakan bumbu masakan yang sering digunakan dan selalu ada di rumah, kamu bisa membuat teh jahe untuk mengatasi perut kembung.

5. Sayuran berkulit

Sayuran seperti kentang, buncis, dan polong-polongan lebih kaya akan serat pada kulitnya.

6. Sayuran berdaun hijau

Menurut jurnal Nature Chemical Biology, sayuran berdaun hijau mengandung sulfoquinovose, yaitu gula yang dapat memberi makan bakteri sehat di dalam perut, sehingga meningkatkan sistem pencernaan.

7. Gandum utuh

Makanan gandum utuh memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Kamu bisa membuat makanan lezat dari gandum, seperti overnight oat.

8. Kefir

Kefir adalah produk susu yang ditambahkan biji-bijian kefir di dalamnya. Biji-bijian ini dihasilkan dari pencampuran ragi dan bakteri dengan susu,

Kultur kefir membantu pencernaan laktosa, mengurangi beberapa efek samping negatif terkait dengan intoleransi laktosa seperti kembung, gas, dan kram.

Selain itu kefir baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi peradangan pada usus.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com