Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai Makanan Korea Halal di Jakarta, Jual Hotteok hingga Tteokbokki

Kompas.com - 13/06/2023, 20:37 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas makanan korea kian meningkat saat ini. Tak perlu terbang jauh ke Negeri Gingseng, ragam camilan khas Korea kini mudah ditemukan.

Meokbang adalah salah satunya. Gerai makanan korea ini hadir di Jakarta serta Tangerang Selatan dengan menawarkan camilan populer khas Korea, hotteok dan tteokbokki.

"Kami menggunakan produk halal, no pork no lard. Kami pastikan semua bahannya berlabel halal dan aman dikonsumsi oleh teman-teman muslim," jelas Yanty Indrawaty, HR gerai Meokbang saat ditemui Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Yanty mengatakan, pemilik Meokbang, Danny, berusaha menyajikan hotteok dengan cita rasa yang sama seperti di Korea.

Danny sempat pergi ke Korea Selatan dan mencicipi langsung camilan dari tepung ketan ini.

Hotteok di Meokbang, gerai makanan Korea di Jakarta dan Tangerang Selatan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Hotteok di Meokbang, gerai makanan Korea di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Hotteok sangat mudah ditemukan di kaki lima dan disukai banyak orang Korea. Menurut Danny, tak sedikit orang Indonesia yang juga mencicipi makanan ini kala berkunjung ke sana.

Resep hotteok pun mulai diracik sebelum pembukaan gerai pada pertengahan 2020 dan terus mengembangkan varian isi hingga saat ini.

"Sekarang kami ada hotteok berbagai rasa, asin dan manis. Ada juga seasonal menu untuk Lebaran dan hari besar," ujar Yanti.

Sedikitnya ada delapan varian hotteok di Meokbang seharga Rp 25.000 hingga Rp 33.000, yakni Myeongdong Cinnamon, Amsterdam Cheese, Manhattan Red Velvet, dan Brussels Choco.

Ada juga Gyeong Hotteok, Jeonju Blackpepper Chicken, Toronto Peanut Butter & Jelly, Tokyo Peanut, dan Italian Mozarella.

Hotteok isi mozzarella di Meokbang, gerai makanan Korea di Jakarta dan Tangerang Selatan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Hotteok isi mozzarella di Meokbang, gerai makanan Korea di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Menu Hotteok Box juga tersedia di Meokbang. Pilihannya ada tiga, yakni A Box of Incheon, A Box of Busan, dan A Box of Seoul seharga Rp 70.000.

Hotteok tidak menjadi satu-satunya menu di Meokbang. Gerai ini juga menyediakan Tteokpokki, Eomukki, Japchae, Rice Bowl, dan Korean Drinks. 

Pilihannya terdiri dari Original Japchae, Soy Garlic Chicken Dosirak, Fire Fried Chicken Dosirak, Jjang Pokki, Odeng-tang Fishcake Sop, Korean Corn Tea, dan Strawberry Uyu seharga 15.000 hingga Rp 45.000.

Menu Hotteok frozen juga baru diluncurkan dan resmi dirilis di beberapa gerai Meokbang dengan harga yang sama.

Baca juga:

Terinspirasi drama Korea

Japchae ala Meokbang, gerai makanan Korea Selatan di Jakarta dan Tangerang Selatan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Japchae ala Meokbang, gerai makanan Korea Selatan di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Meokbang mulanya berdiri dengan nama Danbam, diambil dari nama restoran di drama Korea "Itaewon Class."

"Kami melihat tokoh utamanya merintis restoran dari nol. Jadi, kami melihat bahwa ini merupakan peluang usaha dan inspirasi yang baik karena usaha FnB bukan sekedar makanan enak, tetapi perlu keuletan dan persisten," ungkap Yanty.

Nama tersebut pun berhasil menarik perhatian, khususnya para penggemar drama Korea. Namun, nama ini hanya bertahan selama satu tahun.

Danny mengganti nama usaha makanan miliknya menjadi Meokbang pada 2021 untuk memperluas pasar, khususnya khalayak yang belum mengetahui makanan korea.

"Meokbang ini artinya makan besar. Kami berharap, menu kami bisa disantap bersama keluarga dan kerabat besar. Kebetulan ada porsi satuan dan paket besar juga di sini," tutur Yanty.

Usaha makanan ini pun kerap mengadakan giveaway untuk pengikutnya di media sosial Instagram @meokbang.official.

"Kami selalu eksplor menu baru dan memberi merchandise K-Pop, entah itu photocard, popsocket, atau giveaway lighstick," kata Yanty.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com