Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan untuk Bersihkan Talenan Plastik dan Kayu, Bikin Bebas Noda

Kompas.com - 12/06/2023, 12:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Talenan plastik dan kayu merupakan peralatan dapur yang sering kali digunakan untuk alas, memotong, atau menyiapkan makanan.

Ada beberapa bahan dapur yang bisa kamu gunakan untuk merawat atau membersihkan talenan plastik dan kayu agar bebas noda dan bakteri.

Beberapa bahan alami ini bisa digunakan untuk membersihkan talenan plastik dan kayu, menghilangkan noda dan bau tidak sedap, sehingga talenan di dapur rumahmu tetap bersih dan aman digunakan dalam memasak makanan yang lezat.

Baca juga:

1. Sabun pencuci piring

Kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring yang aman untuk peralatan dapur berbahan plastik dengan air secara merata.

Dilansir dari laman All Recipes, gunakan sekitar satu sendok teh sabun dengan satu liter air. Ambil spons dan gosok secara perlahan hingga campuran sabun bersih.

2. Soda kue

Kamu bisa mencuci talenan plastik dengan menggunakan soda kue. Campurkan soda kue dengan garam dan air.

Perbandingannya, ketiga bahan tersebut bisa sama. Oleskan bahan tersebut ke permukaan talenan plastik. Gosok hingga bersih.

3. Garam meja

Gunakan garam meja untuk membersihkan talenan kayu agar tidak berbau dan bebas jamur.

Majalah “SajianKu VOL 11/I/2014: Serba-Serbi Mengenal Jenis Cabe, Mengolah Jerohan Sapi Dengan Benar” (2014) oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, diamkan talenan kayu yang dilapisi garam meja selama satu malam.

4. Gunakan jeruk nipis

Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan talenan kayu agar tetap awet.

Cara bersihkan talenan kayu dengan jeruk nipis dengan menggosok-gosokkan permukaan jeruk nipis selama 20 menit. Biarkan talenan kayu akan kembali bersih.

5. Gunakan air hangat

Dilansir dari laman The Kitchn, cuci talenan kayu dengan air hangat setiap selesai menggunakannya agar jamur dan bakteri hilang.

Majalah “SajianKu VOL 11/I/2014: Serba-Serbi Mengenal Jenis Cabe, Mengolah Jerohan Sapi Dengan Benar” (2014) oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com