Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membuat Es Campur Enak ala Pedangan, Tidak Mudah Basi

Kompas.com - 10/04/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Es campur biasa dihidangkan sebagai salah satu menu takjil saat buka puasa. Ada banyak pedagang es campur yang bermunculan untuk menjajakan minuman segar dengan berbagai isian ini.

Ada sederet cara membuat es campur seenak pedagang dan bahannya tidak mudah basi. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips bikin es campur pedagang berikut ini.

Baca juga:

1. Pilih bahan berkualitas

Pilih dan gunakan bahan es campur berkualitas baik. Hindari menggunakan bahan yang memiliki pewarna, seperti yang dilansir dari buku "Resep Es Campur ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan Gramedia Pustaka Utama.

2. Hindari merebus kacang merah dengan gula pasir

Ada cara merebus kacang merah yang benar yaitu jangan direbus secara bersamaan dengan gula pasir. Hal ini karena kacang tidak mau empuk sehingga harus direbus beberapa jam.

3. Campurkan lidah buaya dengan air kapur sirih

Kamu bisa membersihkan lidah buaya dari lendir dan teksturnya lebih garing setelah dipotong yaitu dengan merendamnya menggunakan campuran air kapur sirih.

4. Gunakan 2-3 bahan yang dimasak

Ditambahkan dari buku "124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit" oleh Windya Novita terbitan Gramedia Pustaka Utama, umumnya es campur dibuat dengan bahan yang dimasak dengan gula.

Seperti cincau, kolang-kaling, nata de coco, jeli, tape, hingga potongan buah. Campuran tersebut bisa jadi membuat kamu lebih cepat kenyang saat menikmatinya.

Cukup gunakan 2-3 jenis saja agar rasanya lebih seimbang.

5. Tambahkan sensasi berbeda pada es campur

Kamu bisa menggunakan irisan daun mint, atau cincangan kacang tanah sangrai. Bahan tersebut bisa menambah rasa dan tekstur berbeda pada hidangan es campur buatanmu.

6. Cara simpan es campur sisa

Simpan es campur sisa di wadah tertutup rapat, simpan dalam lemari es, tetapi jangan di freezer. Hal tersebut bisa merusak tekstur dan cita rasa buah dan bahan lainnya.

Buku "Resep Es Campur ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku "124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit" oleh Windya Novita terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com