Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Getuk Lindri Lembut, Pilih Singkong yang Tua

Kompas.com - 14/10/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Getuk lindri bisa kamu jadikan suguhan saat keluarga datang ke rumah di akhir pekan ini. Bahan getuk lindri yang dari singkong, gula, tepung kanji, dan parutan kelapa untuk topping ini cukup sederhana. 

Namun sebelum membuatnya, ada baiknya untuk mengetahui cara membuat getuk lindri agar hasilnya pulen dan empuk. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuatnya. 

Baca juga:

1. Pilih singkong yang tepat 

Dilansir dari buku "Kue Tradisional Indonesia Resep Bakulan Kue Sabine Laris Manis Dijual" (2022) oleh Aa Putu Tuti Diantarini @Kuesabine_Bytutiputu terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, sebagai bahan utama membuat getuk, pemilihan singkong yang tepat perlu dilakukan.

Caranya, pilih singkong denagn kulit ari berwarna merah dan yang sudah tua dengan batang agak besar. 

2. Rendam dalam air garam 

Kamu juga perlu menyiapkan singkong sebagai langkah membuat getuk lindri. Rendam dengan air garam singkong yang sudah dikupas. Pastikan singkong direndam sebelum dikukus. 

3. Campurkan singkong dalam keadaan panas

Cara membuat getuk lindri yang ketiga ini adalah campurkan singkong dalam keadaan panas dengan bahan lainnya. Hal ini juga bisa memudahkanmu dalam penggilingan singkong. 

ilustrasi getuk lindri. SHUTTERSTOCK/Nur El Imany ilustrasi getuk lindri.

4. Gunakan tepung kanji

Kamu juga bisa menggunakan tepung kanji untuk merekatkan adonan getuk. Jadi, hasil dari getuk lindri buatanmu bisa padat dan legit.

5. Hindari melakukan pengukusan 2 kali

Ditambahkan dari buku "25 Kreasi Antaran Cantik dari Getuk Singkong" (2015) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, untuk mendapatkan warna singkong yang putih sebaiknya kamu tidak melakukan dua kali pengukusan. 

Buku "Kue Tradisional Indonesia Resep Bakulan Kue Sabine Laris Manis Dijual" (2022) oleh Aa Putu Tuti Diantarini @Kuesabine_Bytutiputu terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "25 Kreasi Antaran Cantik dari Getuk Singkong" (2015) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com