Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Puding Karamel, Lembut dan Kenyal

Kompas.com - 11/10/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat dessert manis di rumah? Coba bikin puding karamel. Ada cara membuat puding karamel yang lembut dan pinggirannya tidak berkerak. 

Dalam buku "Yummy & Tasty - Puding Karamel" (2013) oleh Zulkaryani Lala K. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan lima tips membuat puding karamel agar hasilnya cantik dan tidak berkerak keras di pinggirnya. 

Baca juga:

1. Jangan campur agar-agar dengan air mendidih

Campurkan agar-agar dengan air dingin dulu setelah itu jerang dan rebus hingga mendidih. Cara ini agar hasil dari dessert buatanmu cantik dan tidak gagal. 

2. Dua cara membuat puding karamel 

Kamu bisa mengukus puding karamel hingga 30 menit lamanya atau menggunakan cara Oven Bain Marie yang menggangang dengan dua loyang. 

Caranya isi loyang dengan 1/2 tinggi loyang pertama kemudian panggang puding karamel. Cara ini bisa membuat permukaannya cokelat dan pinggirnya tidak berkerak. 

3. Hilangkan busa adonan puding

Semakin sedikit busa adonan puding yang muncul saat dituang ke dalam cetakan, maka akan semakin mulus dan lembut hasilnya. 

4. Tambahkan berbagai buah-buahan

Kamu bisa menggunakan buah-buahan seperti jeruk, mangga, alpukat, dan rambutan sebagai topping segar puding karamel. 

5. Tambahkan dengan variasi rasa 

Kamu bisa menambahkan variasi ekstrak seperti kopi, cokelat, jahe, dan lainnya. Padukan juga dengan tahu sutera agar teksturnya halus. 

Cara menggunakannya adalah dengan meniriskan tahu dan merendam tahu dengan puding. Aroma susu kedelai akan berpadu dengan manisnya karamel. 

Buku "Yummy & Tasty - Puding Karamel" (2013) oleh Zulkaryani Lala K. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com