Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Cegah Potongan Buah Pir agar Tidak Berubah Warna Jadi Coklat

Kompas.com - 10/10/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang punya buah pir di rumah? Kamu bisa mengupas dan memotongnya kemudian membawanya untuk bekal makan di kantor tanpa perlu takut membuatnya berubah warna. 

Dilansir dari laman Food NDTV, simak beberapa tips mencegah buah pir menjadi berubah warna jadi coklat berikut ini. Cocok untuk makanan pencuci mulut tinggal makan di kantor. 

Baca juga:

1. Gunakan jeruk nipis atau lemon

Kamu bisa menggunakan jeruk nipis, lemon, atau bahan lainnya yang mengandung asam untuk memperlambat reaksi enzimatik pada buah pir.

Kandungan dengan rasa asam itu bisa mencegah buah pir atau apel berubah warna menjadi coklat.

2. Taburi dengan garam

Kamu bisa menggunakan garam dan taburkan pada permukaan buah pir.

Selain menaburkannya, kamu juga bisa merendam buah pir dengan air garam selama beberapa waktu, kemudian membilas potongan buah di bawah air mengalir.

Ditambahkan dari laman Leaf, ada banyak jenis buah pir, oleh karena itu pastikan buah pir direndam dalam air garam selama lima hingga delapan menit.

ilustrasi buah pir, buah berserat tinggi yang cocok dikonsumsi saat diet. PIXABAY/PIRO4D ilustrasi buah pir, buah berserat tinggi yang cocok dikonsumsi saat diet.

3. Bungkus dan kencangkan dengan karet

Kalau kamu suka menikmati buah pir dengan kulitnya, kamu bisa memotongnya dan menyatukannya kembali. Bawa dengan cara merekatkan buah pir dengan karet.

Cara tersebut bisa memperlambat proses oksidasi.

4. Campurkan buah pir dengan buah rasa asam

Kamu bisa menyatukan potongan buah pir dengan jeruk, buah beri, atau buah dengan rasa asam lainnya. Hal ini untuk mencegah buah pir menjadi coklat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com