Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Bersihkan Kompor Induksi dari Kerak, Permukaan Jadi Kinclong

Kompas.com - 19/09/2022, 14:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber sfgate,SfGate

KOMPAS.com - Salah satu kelebihan kompor induksi dibanding kompor gas yaitu mudah dibersihkan. Hal ini karena kompor induksi tidak punya celah ataupun sekat pada bagian atas kompor layaknya kompor gas.

Meskipun permukaan kompor induksi nampak menarik karena terbuat dari keramik kaca, akan tetapi permukaan kompor induksi berpotensi lecet terkena goresan.

Oleh karena itu kamu pelu merawat kompor induksi dengan baik supaya tetap awet dan kompor dapat bekerja lebih efisien. 

Dikutip dari laman SFGATES, kompor induksi yang dipasarkan secara komersil umumya dirancang untuk bertahan selama 30.000 jam, setara dengan menggunakan kompor selama 10 jam per hari, dan diperkirakan dapat bertahan hingga delapan tahun. 

Awet atau tidaknya kompor induksi tergantung pada unit pendukung yang digunakan serta perawatan yang benar.

Misalnya, bagian kaca pada permukaan kompor induksi biasanya hanya setebal 1/0 inci, sedangkan untuk unit komersial yang lebih bagus sebaiknya setebal 1/4 inci.

Kaca permukaan kompor induksi yang lebih tebal dapat membuat kompor lebih tahan lama bila dikombinasikan dengan peningkatan peringkat daya kompor.

Selain perbaharuan terhadap perangkat kompor induksi, kamu juga perlu mengetahui cara membersihkan kompor induksi yang benar.

Simak tiga cara membersihkan kompor induksi dari laman SFGATES berikut ini.

Baca juga:

1. Lap permukaan kompor

Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan spons basah.Dok. Shutterstock/ART_Photo_DN Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan spons basah.

Setelah memasak makanan sering kali ada tetesan saus ataupun cipratan minyak yang  keluar dari wajan penggorengan dan mengotori permukaan kompor induksi.

Meskipun tetesan saus tidak akan gosong karena kompor induksi tidak mengeluarkan panas berlebih, tetapi bagian yang kotor tetap harus dibersihkan.

Cara membersihkan kompor induksi setiap harinya cukup mudah, setelah bagian atas kompor dingin, lap bagian atas kompor menggunakan spons basah.

Apabila permukaan kompor sudah nampak bersih, lap kembali kompor yang masih basah menggunakan kain kering ataupun tisu kering pada tahap akhir.

Baca juga: 4 Beda Kompor Induksi, Kompor Listrik, dan Kompor Gas

2. Gunakan pembersih kompor

Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan pembersih kompor.Dok. Shutterstock/brizmaker Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan pembersih kompor.

Apabila residu di atas permukaan kompor cukup keras dan tebal, kamu bisa menggunakan bantuan pembersih kompor.

Caranya kocok botol pembersih lalu semprot atau oleskan cairan ke permukaan kompor induksi. Setelah itu gosok permukaan komor menggunakan handuk hingga bersih.

Sebagai alternatif pembersih kompor, kamu juga bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkan kompor induksi. Caranya tuang cuka putih ke kain, lalu gosokkan kain yang sudah diberi cuka ke permukaan kompor induksi. 

Perlu diketahui, jangan gunakan pembersih kompor yang bersifat mudah terbakar, hindari juga menggunakan pembersih yang mengandung amonia dan berbahan bubuk.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com