Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Bersihkan Botol Minum, Bakteri dan Bau Hilang

Kompas.com - 12/09/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk yang suka membawa botol minum kemana-mana? Kalau begitu kamu wajib mengetahui cara bersihkan botol minum yang benar agar tidak menjadi sarang bakteri. 

Walau hanya diisi dengan air mineral, tetapi botol tetap harus dicuci setiap hari. Dilansir dari laman Real Simple dan Bon Appetit, berikut ada cara tepat membersihkan botol minuman. 

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Botol Minum Plastik Tanpa Sikat, Pakai Bahan Dapur

1. Cuci dengan air hangat dan cairan pencuci piring

Kamu bisa menggunakan campuran kedua bahan tersebut dan tuang ke dalam botol minuman. Gunakan sikat untuk menggosok bagian dalam dan pastikan untuk tidak hanya membersihkan bagian luarnya saja.

Selain di bagian dalam botol, kamu juga bisa menggunakan kedua bahan ini untuk membersihkan tutup. Gunakan sikat agar kotoran hilang dan tidak ada yang bersembunyi.

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Kaleng Makanan Plastik, Jangan Pakai Air Hangat

2. Keringkan botol agar tidak jadi sarang bakteri

Setelah dicuci keringkna botol dengan tisu dapur yang bersih. Setelah itu, biarkan botol mengering sendirinya dan simpan di area kering.

Baca juga: 5 Cara Bersihkan Kotak Makan dari Noda Membandel, Seperti Baru

Ilustrasi botol termos, ilustrasi botol air minum, ilustrasi tumbler.Shutterstock/Pexxstudio Ilustrasi botol termos, ilustrasi botol air minum, ilustrasi tumbler.

3. Sikat bagian dalam botol

Anda juga bisa menggunakan sikat untuk menggosok bagian dalam botol. Cara ini bisa anda lakukan seminggu sekali agar kerak di bagain dalam dan bawah botol hilang seketika.

4. Gunakan pemutih dan air dingin

Kalau anda merasa botol minum kesayangan anda memiliki bau yang khas. Tuang sekitar satu sendok teh pemutih dan is dengan air dingin hingga penuh.

Diamkan selama satu malam dan bilas dengan air bersih keesokan harinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com