Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aman Makan Daging Ayam yang Dalamnya Berwarna Merah Muda?

Kompas.com - 27/03/2022, 21:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alden peserta MasterChef Indonesia Season 9 pada tantangan pressure test membuat hidangan ayam bakar bumbu rujak, nasi daun jeruk, dan acar. 

Namun, sayangnya daging ayam yang ia masak dinilai belum matang sempurna oleh para juri karena bagian dalam daging ayam masih berwarna merah muda.

Alden akhirnya harus tereliminasi dari MasterChef Indonesia Season 9, karena hal tersebut.

Meskipun daging ayam yang ia buat berwarna merah muda, tapi Alden yakin bahwa ayam yang ia masak sudah matang dan bisa dimakan. Sebab, Alden mengungkep ayam kemudian membakar ayam tersebut. 

"Memang ketika saya ungkep darah ayamnya keluar terus," kata Alden. 

Lalu, apakah aman mengonsumsi daging ayam yang berwarna merah muda? 

Baca juga:

Kondisi daging ayam yang masih berwarna merah mudah kerap dikaitkan dengan ayam setengah matang atau ayam mentah. 

Namun, faktor penanda tingkat kematangan daging ayam tidak hanya dilihat dari aspek warna daging, tetapi juga dari suhu bagian dalam daging ayam.

Dikutip dari laman Insider, daging ayam dinyatakan sudah matang dan aman dimakan apabila temperatur daging bagian dalam mencapai suhu mininum 73 derajat Celsius.

Standar suhu ini tercatat di buku pelajaran sekolah masak, "ServSafe Coursebook, Fourth Edition" oleh penerbit The National Restaurant Association Educational Foundation.

Oleh karena itu, ayam denga  bagian dalam berwarna merah muda tetap aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Dengan catatan, sudah melalui proses masak dengan minimal suhu 73 derajat Celcius. 

Bahaya mengonsumsi daging ayam setiap hari.Unsplash/Claudio Schwarz Bahaya mengonsumsi daging ayam setiap hari.

Menambahkan dari laman The Kitchn, sebagian orang memahami bahwa daging ayam yang matang haruslah berwarna putih dan kaldu yang keluar dari daging ayam berwarna bening. 

United States Department of Agriculture (USDA) menjelaskan bahwa ayam atau kelompok unggas yaang dimasak terkadang memang mengeluarkan semburat merah muda pada daging dan kaldu.

Hal ini terjadi khususnya untuk jenis ayam yang masih muda, karena tulang dan kulit ayam masih permeabel (dapat ditembus partikel).

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi saat memasak daging ayam, seperti pigmen tulang sumsum ayam dapat membuat jaringan tulang jadi lebih gelap. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com