Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Usaha Basreng Homemade di Surabaya, Camilan Teman Nonton Film

Kompas.com - 08/03/2022, 22:19 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Basreng merupakan camilan yang cocok untuk teman nonton televisi. Terutama, kalau kamu pencinta camilan pedas. Pasalnya, basreng umumnya dijual dengan bumbu cabai bubuk.

Namun, ada beberapa kedai camilan yang menjajakan basreng dengan berbagai varian rasa. Misalnya saja, Kairashop.id yang berada di Surabaya.

Usaha basreng homemade di Surabaya ini sudah buka sejak tahun 2021 yang lalu.

Namun, peminat dari basreng buatan Ira Pareira ini sudah ribuan jumlahnya. Ulik seputar usaha basreng berikut ini.

Baca juga:

Ide awal usaha basreng rumahan

Ilustrasi basreng kering untuk jualan.DOK.SHUTTERSTOCK/Windy Agustine Ilustrasi basreng kering untuk jualan.

Usaha yang didirikan oleh Ira Pareira ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 2019. Saat itu, usaha tersebut menjual berbagai produk hingga pada awal tahun 2021 Ira fokus menjual aneka camilan salah satunya basreng.

“Jadi, produk camilan pertama kali itu ya basreng. Waktu coba jual ke teman, itu banyak yang suka. Nah trus ada teman yang di luar Jawa ingin coba juga. Biar lebih mudah dan gratis ongkir, aku buka di Shopee.” Ungkapnya kepada Kompas.com pada Jumat (04/03/2022).

Baca juga:

“Itu awal-awalnya saya sendiri yang mencoba buat basreng. Beli bakso ikannya trus saya potong dan taburi dengan tepung. Setelah itu, bikin sendiri bumbunya.” Jelasnya.

Dalam penuturannya, Ira menjelaskan kalau basreng buatannya terbuat dari bakso ikan. Oleh karena itu rasanya lebih sedap dan gurih.

Selain itu, basreng buatan Ira dibuat dengan menggunakan bumbu rempah dan daunjeruk yang membuat rasa dan aromanya terasa wangi.

Baca juga:

“Kalau di kita, basrengnya itu ada bumbu rempah. Jadi, ada aroma dan rasa sedap sekaligus wangi tersendiri.” ungkapnya.

Dalam mengembangkan usahanya, Ira juga membuka jasa reseller. Saat ini, sudah ada reseller yang tersebar di berbagai daerah.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba kerenyahan basreng buatan Ira, bisa langsung membelinya melalui marketplace dengan harga mulai dari Rp 6.500 untuk 60 gram basreng pedas daun jeruk.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com