Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Strudel Keju, Camilan Gurih untuk Akhir Pekan

Kompas.com - 21/11/2021, 19:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Strudel merupakan pastry yang berasal dari Austria. Di Indonesia, strudel menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang biasanya diisi dengan potongan buah apel.

Kali ini, kamu bisa membuat strudel dengan isian tumis bawang bombai dan jamur. Tidak lupa ditambahkan juga dengan parutan keju cheddar agar lebih enak.

Pada resep strudel yang satu ini, kamu tidak perlu membuat adonan kulit strudelnya dari awal. Pasalnya, kamu bisa menggunakan puff pastry untuk lapisan terluarnya.

Baca juga:

Selengkapnya, ikuti cara membuat strudel dari buku “100 Resep Masakan Terfavorit untuk Usaha Cafe & Resto” (2013) oleh Tuti Soenardi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep strudel keju

Bahan:

  • 200 gram adonan puff pastry

Bahan isi strudel keju:

  • 2 sdm mentega
  • 5 sdm bawang bombai cincang
  • 100 gram jamur kancing cincang
  • 100 gram keju cheddar parut
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • 3 buah kuning telur untuk olesan

Cara membuat strudel keju

  1. Giling tipis adonan puff pastry, potong menjadi persegi empat sekitar 2-3 cm. Sisihkan.
  2. Isi: Panaskan mentega, tumis bawang bombai, jamur kancing yang sudah dicincang hingga harum. Beri garam dan merica bubuk, aduk dan angkat. Beri keju dan telur, kemudian aduk.
  3. Siapkan puff pastry dan isi dengan adonan isian yang sudah dibuat. Gulung kemudian olesi bagian atasnya dengan kuning telur.
  4. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah dibasahi air, panggang dalam oven yang sudah panas selama ¾ jam hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  5. Hidangkan.

Buku “100 Resep Masakan Terfavorit untuk Usaha Cafe & Resto” (2013) oleh Tuti Soenardi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com