Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Pengganti Terasi pada Masakan untuk Hasilkan Rasa Umami

Kompas.com - 28/04/2021, 09:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Penggunaan terasi dalam masakan bisa memberikan rasa dan aroma terasi yang khas.

Biasanya terbuat dari udang rebon yang dikeringkan dan difermentasi, terasi memberikan aroma kuat seperti udang dan juga kedalaman rasa yang berbeda pada makanan.

Baca juga: Cara Bikin Terasi Sendiri di Rumah, Bisa untuk Jualan

Namun sayangnya, ada beberapa orang yang tak menyukai rasa dan aroma kuat tersebut.
Ada beberapa bahan lain yang bisa kamu jadikan pengganti terasi dalam masakan.

Menggunakan bahan-bahan berikut, kamu tetap bisa mendapatkan rasa gurih dan aroma udang dalam masakanmu.

Ilustrasi udang ebi Jepang, warnanya merah muda. SHUTTERSTOCK/PICTURE PARTNERS Ilustrasi udang ebi Jepang, warnanya merah muda.

1. Ebi

Menurut Chef Aguk Prasetiyo dari Hotel Santika Cirebon, salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menggantikan bahan terasi adalah ebi. Ebi merupakan udang yang dikeringkan dan biasa digunakan untuk penambah rasa.

“Paling bisa pakai ebi. Cuman kalau ebi ini kan dia enggak proses fermentasi ya, kalau terasi kan difermentasi,” kata Aguk ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Masukkan Terasi Saat Masak?

Ebi kering ini bisa memberikan rasa umami yang kuat pada masakan.Hanya saja aromanya pasti jauh berbeda, tak ada aroma khas terasi.

Untuk mendapatkan aroma ebi yang lebih kuat, kamu bisa memroses ebi lebih dulu sebelum dicampur dalam masakan. Kamu bisa menyangrai, membakar, atau menggoreng ebi.

Ilustrasi ikan teri KoreaPIXABAY/ JINHA KWON Ilustrasi ikan teri Korea

2. Ikan teri

Selain menggunakan udang rebon kering atau ebi, kamu juga bisa menggunakan ikan teri yang sudah dikeringkan. Kamu bisa tetap mendapatkan rasa gurih dan umami dari ikan teri, sekaligus aroma khasnya.

Baca juga: Apa Itu Niboshi? Ikan Teri Kering yang Jadi Kaldu Makanan Jepang

Sama seperti ebi, kamu juga sebaiknya menyangrai, menggoreng, atau membakar ikan teri kering tersebut sebelum dicampur dalam masakan. Gunanya agar mengeluarkan aroma ikan teri yang lebih kuat.

Kuliner khas Jepang juga menggunakan ikan teri yang dikeringkan ini untuk menghasilkan rasa umami dan aroma ikan yang kuat. Ikan teri kering ini disebut sebagai niboshi atau iriko dan jadi dasar membuat kaldu dashi.

Ilustrasi proses membuat kaldu kepala udang dan kulit udang. SHUTTERSTOCK/TAN WEN SEN Ilustrasi proses membuat kaldu kepala udang dan kulit udang.

3. Kaldu udang

Terakhir adalah kaldu udang. Bahan ini bisa jadi alternatif terakhir untuk menghasilkan rasa serupa terasi dalam masakan. Walaupun begitu, kata Aguk, rasa mirip terasi yang dihasilkan tidak akan terlalu kuat.

Baca juga: 2 Cara Masak Kepala dan Kulit Udang Sisa Jadi Kaldu Gurih

Untuk membuat kaldu udang, kamu bisa menggunakan bagian kulit dan kepala udang lalu merebusnya dalam air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com