Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UPN Jakarta yang Lolos SNBP 2024 Dijamin Tak Ada Kendala UKT sampai Lulus

Kompas.com - 20/05/2024, 08:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Rektor Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) Anter Venus menjamin semua calon mahasiswa yang sudah lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 dapat berkuliah tanpa hambatan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Rektor Anter Venus mengatakan, UKT betul-betul disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa sehingga bisa dipastikan mahasiswa tetap dapat mendaftar ulang menjadi mahasiswa UPNVJ, terlepas dari apa pun kondisi ekonominya.

"Penetapan UKT betul-betul berdasarkan pertimbangan dan regulasi yang ada, dan dilakukan dengan sangat adil sesuai kemampuan dan tanggung jawab yang harus ditanggung tiap-tiap mahasiswa,” ucap Venus, dilansir dari laman UPN Veteran Jakarta.

Baca juga: Unesa Tak Naikkan UKT 2024, Sekian Biaya Kuliah di Semua Jurusan

Besaran UKT disesuaikan kemampuan ekonomi

Venus mengatakan bahwa UPNVJ menjamin mahasiswa tetap dapat berkuliah di UPNVJ dengan besaran UKT paling sesuai kemampuan ekonomi.

“Mahasiswa yang mampu, berkontribusi lebih besar dari yang tidak mampu. Ini prinsip fairness. Ini juga prinsipnya gotong royong saling mengisi untuk pengelolaan pembelajaran yang berkualitas secara bersama-sama,” sambungnya.

Baca juga: UKT Kedokteran UPN Veteran Jakarta dengan Jawa Timur, Mahal Mana?

UPNVJ memiliki mekanisme penetapan UKT yang akuntabel dan adil berbasis data kemampuan keuangan orangtua atau wali mahasiswa.

Mulai dari penghasilan orangtua, kepemilikan dan kondisi rumah serta kendaraan, jumlah tanggungan, hingga tagihan listrik dan lain sebagainya.

"Pemerintah juga menetapkan sekitar 20 persen kuota mahasiswa adalah untuk keluarga kalangan kurang mampu, dan itu kita wajib penuhi. Jika jumlah mereka lebih banyak, maka kita juga harus mengakomodir mereka jika mereka lulus masuk UPNVJ," ungkap Venus.

Sementara itu, selain penetapan kelompok, UPNVJ juga membuka peluang bagi calon mahasiswa yang lulus SNBP 2024 untuk mengajukan keberatan.

Semisal, jika seorang calon mahasiswa ditetapkan berada di kelompok 5 namun ia merasa kemampuan belum sanggup, maka dipersilakan untuk mengajukan keberatan atau melakukan sanggah UKT.

"Akan kita tetapkan sesuai kondisi nyata kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa." ujar Venus.

Sebelumnya, terdapat puluhan calon mahasiswa yang lulus SNBP di UPNVJ tetapi belum juga melakukan pendaftaran ulang hingga batas akhir yang ditetapkan.

Venus meminta Wakil Rektor Bidang Akademik untuk mengontak dan berdialog dengan mereka demi memastikan mereka tetap dapat melakukan daftar ulang. Jika masalahnya adalah UKT, maka harus disesuaikan dengan kondisi nyata mereka.

“Tidak ada alasan untuk tidak kuliah. Dan bagi mereka yang memang tidak memiliki kemampuan (finansial), maka ada mekanisme pembiayaan lain yang disediakan pemerintah seperti KIP Kuliah, dan KJP. Di samping itu, UPNVJ juga mengupayakan beasiswa-beasiswa lain untuk memastikan kelancaran kuliah mereka,” tutur Venus.

Baca juga: Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 Dinilai Jadi Alasan PTN Naikkan UKT

Rektor UPNVJ juga memastikan mahasiswa bakal lulus tanpa ada hambatan UKT.

"Intinya adalah, UPNVJ memastikan bahwa seluruh mahasiswa yang lulus dapat berkuliah tanpa hambatan UKT," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com