Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Mahasiswa Penerima KIP Kuliah, Klik kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Kompas.com - 11/06/2024, 19:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sejak sebulan lalu, di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ telah tersedia fitur yang bisa cek mengecek mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah.

Plt. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Abdul Kahar mengatakan, melalui fitur tersebut, masyarakat, dan lembaga atau pihak lain, seperti pemerintah daerah, kementerian atau pihak swasta yang juga menyediakan beasiswa yang sejenis bisa melakukan validasi dan verifikasi.

"Melalui fitur tersebut bisa dicek nama dan asal perguruan tinggi mahasiswa yang menerima manfaat KIP Kuliah untuk menghindari double funding," terang Abdul Kahar seperti dikutip dari laman Puslapdik Kemendikbud Ristek, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, fitur ini juga memberikan akses kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan monitoring ketepatan sasaran penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2024, Bisa untuk Jalur Mandiri PTN dan PTS

Cara cek mahasiswa penerima KIP Kuliah

Berikut cara mengecek penerima KIP Kuliah dengan mengakses fitur tersebut.

Pertama, buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Bila buka di laptop atau PC, di halaman utama bagian atas ada sub kanal "Cek Penerima".

Sementara jika buka di perangkat mobile android atau di iOS, maka di pojok kanan atas ada 3 icon baris, Klik icon 3 baris tersebut.

Kemudian tinggal Klik sub kanal "Cek Penerima" maka akan muncul tampilan "Pencarian Penerima KIP Kuliah".

Pencarian data mahasiswa penerima KIP Kuliah dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), maka ketik NIK mahasiswa yang hendak dicari dengan benar dan klik "Cari".

Apabila NIK benar dan mahasiswanya memang penerima manfaat KIP Kuliah, maka selanjutkan akan muncul tampilan beberapa informasi. Seperti nama perguruan tinggi, program studi, NIM, tahun penetapan dan status.

Tapi jika NIK yang dimasukan tidak terdaftar sebagai penerima manfaat KIP Kuliah atau salah mengetikkan NIK, maka akan muncul tampilan "NIK bukan penerima KIP Kuliah".

Pencarian penerima KIP Kuliah melalui fitur tersebut bisa dilakukan untuk mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah mulai tahun 2020 sampai dengan 2023.

Baca juga: KIP Kuliah 2024 Bisa untuk Daftar Jalur Mandiri PTN-PTS, Ini Syaratnya

Bantuan hidup KIP Kuliah

Bagi mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah tahun 2024, tentunya baru bisa mengetahui sejak ditetapkan sebagai mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah yang akan diumumkan mulai 1 Juli 2024.

Mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai penerima manfaat KIP Kuliah memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup yang langsung disalurkan ke rekening mahasiswa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com